Pameran Lukisan ‘Impression x Utopia’ Kolaborasi dengan NonaRia

Foto: Nyata/Agnes Tyas

K olaborasi musik dan seni rupa memang sangat menarik. Untuk itulah, 2madison Gallery kembali mengadakan Dual Exhibition dengan menggandeng band indie papan atas, NonaRia.

Dua pameran secara simultan, atau istilah ‘kerennya’ Dual Exhibition, ini berlangsung di 2madison Gallery, Jl Bangka Raya Kemang Jakarta Selatan. Adapun pameran pertama diberi judul ‘Impression’ menampilkan karya-karya terbaru dari 12 seniman Indonesia berbakat, yang dikurasi secara khusus untuk berpameran bersama 2madison Gallery di sepanjang tahun 2024.

Mereka terdiri dari: A Faisal Darmawan, Ahmad Syiful Mu’Minim (Sipak), Andy Syah Raya, Arif Fiyanto, Gabrielle Andhita, Haidar Ammar, Hendra Maysetyawan, Izzar Fakhruddin, Muhammad Ajis, Nadhief ASHR, Rizky Alison, dan Tamara Maharani. 12 Seniman ini memiliki aliran seni yang beragam, dan mereka pun berasal dari latar belakang yang beragam.

Foto: Nyata/Agnes Tyas

Maggie H. Eddy, Creative Director dari 2madison Gallery mengatakan, semua perupa yang karyanya ditampilkan disini, telah melewati proses akurasi yang ketat. Dimana karya yang mereka tampilkan tidak boleh bemuatan SARA, politik dan pornografi.

“Kita buka pendaftaran secara gratis lewat media sosial sejak Oktober tahun lalu ada sekitar 500 yang daftar tapi setelah proses kurasi tersisa 12 seniman ini yang sebagian besar berasal dari Jawa. Pameran ini kami buat karena setiap perupa pasti membutuhkan kesempatan untuk dapat menunjukkan karyanya secara off-line,” jelas Maggie H. Eddy, Creative Director dari 2madison Gallery kepada media di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Jumat (8/3/2024).

Foto: Nyata/Agnes Tyas

“Mau sehebat apapun dunia teknologi berkembang, pengalaman menikmati karya seni secara online tidak akan pernah lengkap dan memuaskan pencintanya,” ujar Maggie.

| Baca Juga: Ada Kisah Heroik Toko Legendaris di MUFFEST+ 2024

Pameran kedua adalah bagian dari aktivitas CSR 2madison Gallery yang dinamakan Art Space Project. Program ini diprakarsai dengan tujuan menumbuhkan budaya kerjasama yang sehat antar seniman dan pekerja kreatif Indonesia. Dalam program ini, seniman harus mengikuti proses Open Submission dalam formasi grup atau studio.

Art Space Project kali ini diberi judul ‘Utopia’ dan menyajikan karya dari Grup ‘Perupa Tiga’ yang terdiri dari Ari Wuryanto, Desta Aji Saputra, Hendra Purnama, dan Grup ‘Studio Lokala’ yang terdiri dari Adi Riyanto, Adena Varda Briana, Haidar Ammar, Mario Muhammad Hakim.

| Baca Juga: IFA 2024 Dukung Pengembangan Jenama Fesyen dan Kecantikan Lokal

Maggie menuturkan alasannya menggandeng band NonaRia. Menurutnya seni lukis dan seni musik ibarat kopi dan susu yang saling melengkapi, sangat cocok dan sudah seharusnya berdampingan.

“Saya penggemar NonaRia karena mereka orangnya eksentrik. Lihat saja judul dan tema lagu yang mereka ciptakan sangat unik, smart dan penuh dengan pesan serta kritik sosial. Meskipun mediumnya berbeda, tapi punya kesamaan tujuan bagi Indonesia yang lebih baik,” jelas Maggie yang juga dikenal sebagai desainer ini.

Foto: Nyata/Agnes Tyas

Grub band NonaRia yang beranggotakan duo, Nesia Ardi dan Nanin Wardhani, sangat antusias dengan koloborasi ini. Nesia Ardi dan Nanin Wardhani ikut memuji perupa yang memamerkan karya lukisnya. Menurut mereka sangat unik apalagi ada lukisan menyerupai animasi 3D hingga abstrak.

“Kami sangat support pameran ini karena sesuai dengan tema NonaRia. Kami juga paling senang perform di Gallery karena kami penikmat seni,” ujar Nesia Ardi dikesempatan yang sama.

Foto: Nyata/Agnes Tyas

Sebagai informasi NonaRia adalah band indie yang punya ciri khas musiknya mengusung gaya musik tempo dulu. Grub yang dibentuk tahun 2012 ini dikenal berkat lagu ‘Santai’, ‘Maling Jemuran’ dan ‘Sabda Alam’.

“Melihat lukisan itu seringkali jadi inspirasi kami saat membuat karya musik. Seni musik dan seni lukis itu punya hubungan yang erat. Misalnya kalau lihat lukisan abstrak itu seperti memainkan musik jazz karena butuh pemahaman sendiri,” jelas Nesia Ardi. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here