Koleksi dari Wastra Nusantara Buka Jakarta Muslim Fashion Week 2023

Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) 2023 resmi dibuka, Kamis (20/10) lalu. Mengusung tema From Local Wisdom to Global Inspiration, pekan fashion terbesar di Indonesia itu langsung dibuka dengan koleksi busana dari Wastra Nusantara. Mulai batik hingga tenun dari berbagai daerah di Indonesia.

Nibras Corporation, misalnya, mengangkat tenun dari Lombok dan Sumba dari Kepulauan Nusa Tenggara. Tema yang dipilih adalah Raya.

Koleksi Nibras Corporation yang mengangkat tenun Lombok dan Sumba. Foto: IST

|Baca Juga: Lewat ’Narendramarta’, Lia Afif Olah Batik Jombang Jadi Busana yang Indah

Tema itu diangkat berdasarkan filosofi yang merupakan bentuk syukur, semangat, serta selebrasi setelah berangsur-angsur terlepas dari situasi pandemi yang membatasi semua orang.

Lain lagi dengan Lianawaty Hidayat yang mengangkat batik. Mengambil tema Resilient owner Ozzy Batik Pekalongan itu terinspirasi dari kombinasi peristiwa alam dan kehidupan sosial.

Harmonisasi karya alam dari Tebing Batu yang membentuk guratan dan tekstur yang unik serta artistik, menghasilkan paduan yang indah.

Desainer Ternama

Nggak hanya Nibras Corporition dan Ozzy Batik Pekalongan, desainer ternama juga banyak yang memamerkan koleksi mereka pada hari pertama JMFW 2023. Mereka adalah Itang Yunasz, Dian Pelangi Studi, Vivi Zubedi, Shisrosima Indonesia, Zaskia Mecca, Khanaan dan masih banyak lagi.

Koleksi Dian Pelangi dan Itang Yunasz. Foto-foto: IST

”Setidaknya ada sekitar seratu empat puluh empat desainer yang akan tampil di ajang ini. Mereka menampilkan lebih dari seribu koleksi terbarunya,” ujar National Chariman Indonesian Fashion Chamber Ali Charisma.

Ditambahkan Ali, kesitimewaan JMFW 2023 terletak pada business matching. Yang merupakan muara dari semua kegiatan dari kemajuan event dan fashion. ”Kalau bisnisnya bagus, yang lainnya nanti akan terbawa. Jadi kita maksimalkan apa yang kita punya,” ujarnya.

|Baca Juga: Lebih dari 100 Desainer Siap Unjuk Karya di Jakarta Muslim Fashion Week 2023

The Wonderland

Koleksi unik ditampilkan Benang Jarum. Mengambil tema The Wonderland, Benang Jarum terinspirasi dari film Disney Alice in Wonderland dan mempresentasikan Alice sebagai karakter utama yang dikenal sebagai pemimpi, pemberani dan selalu ingin tahu.

Koleksi The Wonderland hadir dalam kombinasi warna dan motif bold yang trendi. Dengan desain yang modern dan elegan. Dari material yang nyaman dan flowy, seperti satin, katun hingg tile. *omi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here