Vata ‘Street Man Fighter’ Kekeh Tidak Plagiat Koreografi ATEEZ

Foto: Dok. Instagram @vata_500 & KQ Entertainment

Ketua dari ‘We Dem Boyz’, Vata, akhirnya buka suara terkait isu plagiarisme yang menyangkut dirinya. Ia dituduh memplagiat bagian dari koreografi ‘Say My Name’ milik idol group ATEEZ saat melakukan sebuah misi di acara ‘Street Man Fighter’. 

Setelah membungkam suara beberapa waktu, pemilik nama asli Kim Tae Hyun itu mengunggah sebuah postingan klarifikasi di akun Instagram-nya. Dirinya mengaku tidak meniru koreografi milik ATEEZ.

|Baca Juga: Segera Debut Solo, Konsep Album Nayeon ‘Twice’ Dituduh Jiplak Jennie ‘Blackpink’

“Saya mengunggah ini untuk menghindari kesalahpahaman. Hubungan dan tujuan dari kedua koreografi yang sedang dibandingkan itu sangat berbeda,” tulisnya dengan foto logo timnya pada (14/10). 

“Ketika saya mendengarkan musik itu, saya terpikirkan dengan hutan belantara dan intituisiku mengekspresikannya dengan gerakan seseorang yang mengendarai motor atau kuda untuk intro koreografi itu,” jelasnya. 

Ia melanjutkan, “Makanya ada gerakan menyalakan mesin di awalnya, lalu tendangan kaki ke belakang, dan turun dari motor setelah berkendara. Itulah urutannya.” 

Foto: Dok. YouTube The Choom & ATEEZ

Vata pun mengekspresikan penyesalannya setelah melihat adanya isu plagiarisme itu diangkat. 

“Sebagai orang yang suka dari budaya tari, menurut saya keren ketika seniman dan koreografer menghormati satu sama lain. Namun, saya sangat menyesal karena sepertinya tidak demikian,”  tambahnya yang juga berjanji untuk menampilkan performa yang lebih baik lagi. 

Saat itu, dirinya dan para leader dari grup tari lain diminta untuk menciptakan koreografi lagu “New Thing” yang dilantunkan oleh rapper Zico dan Homies. Koreografi Vata lah yang memenangkan misi tersebut. 

Namun, banyak netizen yang melihat ada kemiripan antara dua koreografi tersebut. Dalam bagian awal dari “New Thing”, Vata menciptakan koreo ala seseorang yang sedang menyalakan dan mengendarai sepeda motor. Gerakan itu juga terlihat di lagu ‘Say My Name’ milik grup besutan KQ Entertainment tersebut

|Baca Juga: Terkena Isu Plagiarisme, Tim Produksi ‘Little Women’ Angkat Bicara

Dugaan itu diperkuat dengan unggahan video dari Anze Skrube, koreografer yang menciptakan gerakan ‘Say My Name’. Dalam video itu, ia meminta dancer kelahiran 1994 itu untuk meminta maaf kepada grup yang digawangi San dkk. 

“Saya tahu Vata dan San ‘ATEEZ’ itu berteman. Seorang teman seharusnya tidak melakukan hal ini. Saya ingin Anda untuk meminta maaf kepada mereka,” ucapnya dalam video yang diunggah pada (11/10) lalu.  

Pihak dari ATEEZ pun telah mengetahui hal tersebut. Salah satu membernya, Wooyoung, mengungkap bahwa ia dan rekannya tidak akan melakukan dance challenge lagu yang telah viral itu. Idol tampan itu juga sempat menyindir Vata dengan membuat tanda “biting” yang berarti seseorang telah meniru gerakan penari lain. *mir/ika 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here