Simak 4 Tips Ini Agar Kamu Terhindar Dari Celebrity Worship Syndrom

Foto: Dok. IStock

Siapa sih yang tidak mengidolakan seseorang? Pasti kebanyakan dari kalian pernah menyukai seorang publik figur. Namun, kesukaan itu akan menjadi masalah jika dilakukan secara berlebihan. Jika kegiatan menggemari selebritis telah mengganggu kehidupanmu, bisa saja kamu terkena celebrity worship syndrom. Sindrom ini mengacu pada seorang penggemar yang tak bisa lepas dari idolanya. Bila satu hari tidak update, maka hal itu bisa mempengaruhi aktivitas yang lain.

Banyak studi menyebutkan bahwa sindrom celebrity worship itu layaknya seseorang mengonsumsi zat narkotika. Hal tersebut dibenarkan oleh dosen psikologi Universitas Airlangga, Atika Dian Ariana, S.Psi., M.Sc.

“Iya, benar. Celebrity worship itu dapat di-compare dengan saat kita adiktif dengan zat narkotika. Karena di celebrity worship ada unsur obsesif dan adiktif yang menyebabkan ketergantungan,” ungkapnya kepada Nyata melalui sambungan telepon pada Jumat (9/9) lalu.

Dosen yang juga merupakan kepala prodi psikologi itu pun memberikan tips bagaimana kita bisa fangirling atau fanboying dengan aman. Yuk, cek empat tips di bawah ini!

|Baca Juga: 5 Tanda Seseorang Terjangkit Celebrity Worship

1. Menjalin Relasi yang Beragam

Tips pertama, berteman dengan sesama penggemar itu tidak apa-apa. Namun, pastikan kamu juga menjalin relasi dengan orang lain sebagai penyeimbang. Menjalin relasi yang beragam dapat menambah skill untuk menghadapi perubahan dan dinamika pertemanan tanpa cemas yang berlebihan.

2. Cari Coping Mechanism yang Lebih Aktif

Studi mengatakan bahwa kebanyakan orang yang memuja selebriti berlebihan cenderung mempunyai gejala kecemasan (anxiety) dan depresi. Menurut dosen psikologi tersebut, boleh-boleh saja untuk mendengarkan musik idola saat bersedih. Namun, harus juga dibarengi dengan kegiatan aktif lainnya seperti journaling, olahraga, memasak, dan sebagainya.

3. Kelola Me Time dengan Baik

Setiap manusia pasti membutuhkan waktu untuk diri sendiri setelah melakukan berbagai aktivitas. Nah, saat me time, jangan terus-terusan mengurusi kehidupan artis kesukaanmu, ya! Pastikan kamu juga mempunyai waktu untuk merawat dirimu sendiri.

|Baca Juga: Khasiat Menakjubkan Mandi dengan Rebusan Batang Serei

4. Terapi Berbasis Perilaku

Atika menyebutkan bahwa terapi perilaku juga dapat menghindari adanya celebrity worship. Bagaimana caranya? Seperti gunakan time schedule yang jelas. Lalu, pastikan target-targetmu sudah tercapai dalam hari tersebut. Intinya, jangan gunakan satu hari itu hanya untuk update kehidupan idolamu saja.

Itu dia beberapa tips agar kegiatan fandom mu tetap sehat. Ingat, mengidolakan seorang publik figur itu hal lumrah. Namun, kamu harus tahu batasannya.

Jikalau dunia fandom telah mengganggu kehidupan nyatamu, kamu bisa mencari bantuan ke orang yang terpercaya ataupun seorang profesional. *mir/ika

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here