Resmi Jadi Tersangka Kasus KDRT, Rizky Billar Terancam 5 Tahun Penjara

Foto: Dok. Instagram @rizkybillar

Rizky Billar resmi menjadi tersangka dalam kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) terhadap istrinya, Lesti Kejora. Oleh karenanya, ia mendapatkan ancaman hukuman lima tahun penjara karena terjerat Pasal 49 Undang-undang PKDRT (Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga).

“Melakukan kekerasan fisik terhadap korban yang didukung oleh alat bukti lain termasuk visum. Ancamannya 5 tahun penjara,” jelas Endra Zulpan selaku Kabid Humas Polda Metro Jaya, dilansir dari CNN Indonesia.  

|Baca Juga: Tega! Rizky Billar Diduga Lempar Bola Biliar Ke Lesti Kejora yang Sedang Hamil Besar

Setelah mangkir dari pemeriksaan minggu lalu, Billar akhirnya memenuhi panggilan polisi pada Rabu (12/10). Hal itu berarti ia datang satu hari lebih awal dari apa yang tim hukumnya ajukan kepada pihak kepolisian. 

Dalam pemeriksaan tersebut, ayah dari baby L tersebut ditanyai sebanyak 48 pertanyaan, lebih banyak dari perkiraan yang hanya 38 pertanyaan. Itu bertujuan untuk mengungkap dugaan kekerasan dalam rumah tangga yang telah dilaporkan oleh Lesti pada (28/9) lalu. 

Setelah pemeriksaan itulah, pihak penyidik mengubah status Billar yang awalnya menjadi saksi menjadi seorang tersangka. 

Menyinggung tentang penahanan tersangka, pengacara baru Rizky Billar, Hotma Sitompul malah memohon supaya kliennya tidak ditahan oleh kepolisian. Dirinya beralasan bahwa mendapatkan ancaman penjara bukan berarti harus ditahan dari sekarang. 

“So, jadi mesti ditahan? Kan enggak. Ancaman hukuman boleh saja. Alasannya adalah saya harus membela klien saya. Sebagai pengacara harus mengajukan surat permohonan yang sesuai dengan hukum,” ujar tim kuasa hukum Hotma Sitompul, Kamis (13/10) lalu. 

|Baca Juga: Bocorkan Status Rizky Billar, Marissya Icha Tegaskan Dukung Lesti Kejora

Namun, pihak kepolisian berpendapat sebaliknya. Polisi menyebut bahwa Billar seharusnya ditahan terkait dengan ancaman hukuman yang akan aktor itu terima. 

“Untuk sementara kita mengacu pada keterangan tersangka dan barang bukti. Lanjut dari kesaksian yang sudah kita minta. Namun demikian, ini adalah ancaman lima tahun. Berarti harus ditahan,” papar AKP Nurma Dewi. 

Sementara itu, pihak kepolisian akan mengumumkan tentang penahanan Rizky Billar pada Kamis (13/10) nanti. *mir/ika

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here