Perayaan Halloween di Seluruh Dunia. Dari Meksiko Hingga Jepang

Foto: Dok. Claudio Cruz / AFP

Trick or Treat! Perayaan Halloween akan datang sebentar lagi. Semua orang akan berdandan dan menampilkan kostum terbaik mereka untuk akhir pekan yang penuh ketakutan dan kesenangan.

Halloween mulanya adalah tradisi yang berasal dari festival Celtic kuno. Penduduk setempat memiliki keyakinan jika mengenakan kostum dan menyalakan api unggun dapat mengusir hantu.

Seiring waktu, Halloween berkembang menjadi sebuah perayaan besar yang menggembirakan. Di AS, Halloween merupakah salah satu liburan paling komersial. Konsumen menghabiskan uang mereka untuk membeli kostum, hiasan dekorasi, suguhan (permen dll) dan pengeluaran bertema Halloween lainnya.

Lantas apakah kamu penasaran dengan perayaan Halloween di negara lain? Baca terus ya.

1. IRLANDIA

Foto: Dok. Telegraph

Mengingat Halloween dari bangsa Celtic kuno, maka tak mengherankan bila orang Irlandia memiliki cara unik untuk merayakan Halloween.

Di pedesaan Irlandia, api unggun akan dinyalakan dan anak-anak akan mengenakan kostum terbaik mereka. Kebanyakan orang akan menghadiri pesta dengan tetangga atau teman. Banyak permainan yang bisa dimainkan secara bersama-sama agar acara semakin meriah.

|Baca Juga: 10 Tanda Kamu Sering Kena Gaslighting. Waspadalah!

2. MEKSIKO

Foto: Dok. quoteoftheday.one

Daerah Amerikan Latin, Meksiko dan Spanyol mereka menamai Halloween sebagai Dia de Los Muertos, atau istilah lainnya Hari Orang Mati. Dirayakan selama dua sampai tiga hari, perayaan ini dirancang untuk menghormati orang yang sudah meninggal.

Penduduk lokal percaya bila arwah orang yang telah meninggal akan mengunjungi keluarga mereka selama perayaan itu berlangsung. Mereka akan mengunjungi kuburan dan membangun altar yang penuh makanan, bunga dan foto mereka yang telah meninggal.

Tak lupa mereka menyalakan lilin dan dupa sebagai petuntuk agar almarhum bisa menemukan jalan pulang. Anggota keluarga di rumah akan merayakannya dengan menyanyi dan meneguk tequila.

3. CHINA

Foto: Dok. Quora

Meski mereka tak merayakannya, tetapi di China ada perayaan yang mirip dengan Halloween. Perayaan itu diadakan pada bulan ketujuh kalender Lunar, biasanya disebut dengan “Bulan Hantu”. Mereka merayakannya untuk menghormati arwah orang mati.

Festival “Bulan Hantu” menandakan terbukanya gerbang menuju akhirat dan memungkinkan roh-roh berkeliaran di bumi. Oleh sebab itu, masyarakat China membuat persembahan berupa makanan dan minuman.

Sama seperti di Mexico, masyarakat China juga percaya bila roh leluhur mereka akan kembali ke rumah saat “Bulan Hantu” tiba. Di jalanan, api unggun dan dupa dibakar untuk menghormati arwah orang yang telah meninggal.

4. JEPANG

Foto: Dok. voyapon

|Baca Juga: Finalis Kontes Kecantikan Ini Banting Setir Jadi Supir Truk!

Saat musim panas di Jepang ada sebuah perayaan bernama Festival Obon. Perayaan ini biasanya berlangsung selama empat hari dan menjadi salah satu perayaan terpenting dalam keluarga di Jepang.

Festival Obon sendiri merupakan tradisi untuk menyambut kembali arwah leluhur yang telah lama meninggal. Selama itu, setiap keluarga akan menyalakan api unggun kecil di depan rumah mereka untuk memandu arwah kembali ke rumah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here