Pengakuan Aktor Yoon Hong Bin Saat Membantu Korban Tragedi Itaewon: Saya Tak Bisa Menyelamatkan Mereka!

Foto: Dok. KBIZoom/Instagram

Tragedi Itaewon masih menjadi duka yang mendalam bagi masyarakat Korea Selatan. Malam yang seharusnya dipenuhi dengan suka cita berubah menjadi mencekam.

Ribuan orang berkumpul memadati distrik Itaewon untuk merayakan festival Halloween yang menyenangkan. Tetapi tiba-tiba semua digemparkan dengan keriuhan orang-orang yang satu-persatu mulai tumbang.

Banyak warga yang mengalami henti jantung dan terinjak-injak karena kerumunan yang terlalu padat. Akibatnya, tercatat pada Senin (31/10) korban tewas mencapai 154 orang dan 26 diantaranya adalah warga asing.

Saat kejadian, tim medis yang dikerahkan masih belum mampu mengatasi korban yang terus berjatuhan. Akibatnya ada beberapa warga yang turut membantu melakukan CPR di tengah suasana yang tak kondusif itu.

Salah satu orang yang turut membantu tim medis adalah aktor Yoon Hong Bin. Dalam postingan terbarunya di Instagram, ia menceritakan kondisi Itaewon saat dirinya berada di tempat kejadian.

|Baca Juga: So Ji Sub dan Nana Batalkan Jumpa Fans Demi Hormati Korban Tragedi Itaewon

Foto: Dok. KBIZoom

Dalam keterangan yang ia buat, Yoon Hong Bin mengaku bahwa ini adalah festival Halloween pertamanya dan berakhir dengan sangat mengerikan.

“Bencana ini adalah peristiwa dimana kita harus berbagi rasa sakit dan berduka bersama. Saya pergi ke Itaewon untuk menikmati Halloween untuk pertama kalinya dalam hidup saya, dan saya mengalami bencana di depan mata saya. Saya awalnya tidak suka keramaian, tapi saya pikir. Saya ingin menikmati suasana festival setidaknya sekali, itulah sebabnya saya tiba di Itaewon karena saya senang dengan pengalaman baru,” tulis Yoon Hong Bin Minggu (30/10) lalu.

Ia melanjutkan, “Jalan utama benar-benar kacau, dan saya didorong di sekitar jalan dengan pacar saya meskipun sudah berkali-kali mengatakan bahwa itu berbahaya. Sorak-sorai ‘Jangan dorong saya’ dan ‘Dorong’ bercampur. Polisi hanya dikerahkan di jalan utama, dan tidak ada petugas polisi di jalan-jalan street food, dan orang-orang bercampur dalam kekacauan.”

|Baca Juga: Itaewon Berduka, SMTOWN Batalkan Pesta Halloween Tahun Ini 

Dalam kerumunan itu, Yoon Hong Bing hampir terinjak-injak oleh pengunjung lain.

“Saya hampir jatuh puluhan kali setelah didorong bolak-balik. Wanita di sebelah saya jatuh dan saya mencoba membangunkannya, tetapi orang-orang terus mendorongnya ke bawah karena mereka tidak melihatnya jatuh. Saya menjerit dan hampir tidak menariknya kembali, dan harus mencoba selama puluhan menit untuk keluar,” ungkap Yoon Hong Bin.

“Ketika saya memasuki bar yang dipesan dan pergi keluar untuk merokok sekitar satu jam kemudian, satu atau dua orang mulai dibawa keluar. Begitu saya melihatnya, saya tidak punya pilihan selain memprediksi kecelakaan. Semakin banyak orang yang dibawa dan kami tidak bisa membawanya dengan ambulans lagi, jadi kami menurunkan orang di gang dan melakukan CPR,” imbuhnya.

Melihat banyak orang berjatuhan dan tenaga medis kewalahan, aktor tampan itu bergegas melakukan CPR kepada salah satu korban.

“Tidak ada cukup polisi atau paramedis, jadi saya langsung berlari ke sana dan melakukan CPR. Saya melakukan CPR selama lebih dari 20 menit, menangis bersama, berdoa dengan putus asa, dan mencoba segalanya dengan putus asa. Hanya ada satu orang yang sadar kembali di jalan tempat saya melakukan CPR. Saya juga tidak bisa menyelamatkan orang yang saya coba selamatkan,” paparnya.

“Bencana bisa dicegah jika polisi berada di jalan-jalan di mana orang-orang benar-benar ramai, bukan di pinggir jalan. Saya tahu polisi juga mengalami kesulitan dan melakukan yang terbaik, tetapi saya pikir fakta bahwa polisi ditempatkan di tempat yang salah telah gagal mencegah bencana. Tolong, saya berharap semua orang akan melakukan upaya keras untuk mencegah hal ini terjadi lagi,” tutupnya.

Sementara itu, Yoon Hong Bin adalah aktor yang memulai debutnya pada tahun 2010. Dia berhasil menjadi pemeran kecil dalam film Assassination, Time Escape dan The Hostage.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here