Koleksi tentang Tranformasi Jakarta Tutup JMFW 2023

Koleksi desainer Wignyo Rahadi yang bercerita tentang transformasi kota Jakarta, menutup gelaran Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) 2023, Sabtu (22/10) lalu. Tema yang diangkat adalah De’Batavia.

”Tema ini terinspirasi dari jejak pembaharuan ibukota Jakarta. Dengan membawa kita sedikit mengingat ibukota negara Indonesia itu pada zaman dahulu. Hingga telah mampu bertransformasi menjadi kota modern seperti sekarang ini,” terang Wignyo kepada Nyata.

Koleksi Wignyo Rahadi. Foto: IST

|Baca Juga: Tema-Tema Alam Menutup Rangkaian IN2MOTIONFEST 2022

Mengusung busana ready to wear, Wignyo menghadirkan gaya modern kontemporer dengan memanfaatkan wastra Indonesia, yaitu Batik Betawi binaan BI DKI Jakarta. 

Dengan konsep zero waste atau tanpa limbah, Wignyo berusaha menerapkan prinsip sustainable fashion. ”Dalam membuat koleksi ini, saya mengeksplorasi teknik pola dan potong bahan. Sehingga meminimalkan sisa bahan hasil produksi,” ujar Wignyo.

Koleksi ini menggunakan kain batik yang dikombinasikan dengan kain tenun ATBM Tenun Gaya. Warna-warna earth tone dipadu hijau sage mendombinasi. Sedang cutting-nya antara lain berupa blouse lengan panjang, celana panjang, dress lengan panjang dan rok.

Juga ada penempatan aksentuasi guna mempertegas proporsi siluet, seperti variasi vest dan outer yang dipadu dengan obi di bagian pinggang. ”Penambahan obi ini bisa mempertegas siluet tubuh dan memberi kesan lebih modis dan kekinian,” ujar Wignyo.

Poon Kelapa

Pada hari sebelumnya, Jumat (21/10) desainer Kursien Karzai menampilkan karyanya yang bertema Mio Paese. ”Tema ini terinspirasi dari kecantikan pulau-pulau di Indonesia, yang banyak ditanami pohon kelapa. Dari situ saya olah daun kelapa menjadi bentuk plisket,” ujar Kursien Karzai.

Busana ready to wear yang memadukan daily wear dan evening gown yang tidak terlalu glamour itu itu diolah dari material satin silky dan twill. ”Paduan bahan ini sangat unik, karena satin silky itu lembut sedang twill tegas,” kata Kursien.

Sebanyak 10 look ditampilkan. Mulai dress panjang dengan detail pleats dipadu jaket dan cardigan. Sedang pilihan warnanya sangat lembut antara lain olive green, mocca, purple dan offwhite.

Koleksi busana Kursien Karzai. Foto: IST

Jadi Inspirasi

Penutupan JMFW 2023. Foto: IST

|Baca Juga: Koleksi dari Wastra Nusantara Buka Jakarta Muslim Fashion Week 2023

Gelaran JFMW 2023 mampu menginspirasi pelaku fashion di dalam maupun luar negeri. ”Keberhasilan pelaksanaan JMFW ini membuktikan bahwa ’Bersama Kita Bisa’. JMFW juga menjadi ikon kolaborasi para pemangku kepentingan yang melibatkan peran serta pemerintah, pelaku bisnis, akademisi dan media,” ujar Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan. *omi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here