Gak Kuat dengan Ulah Kanye West, Adidas Putuskan Kontrak Kerja Sama

Pernah di-cap sebagai selebriti Hollywood sekaligus Miliarder, tak heran bila Kanye West masuk dalam daftar orang kaya di Forbes. Rapper itu bahkan dikatakan masuk dalam jajaran elit miliarder Amerika saat berhasil membangun brand fashion sendiri.

Namun kini, karena sifatnya yang penuh kontroversi, ia harus merelakan pencapaian yang ia bangun tersebut. Dilansir dari laman Forbes, mantan suami Kim Kardashian itu kini bukanlah seorang miliarder lagi.

Usut punya usut, penyebab dibalik itu semua adalah Adidas memecat dan menghentikan kemitraan Kanye dengan merek Yeezy.

Baca Juga: Selalu Buat Kim Kardashian Stres, Kanye West Akhirnya Minta Maaf

Seperti diketahui, beberapa hari yang lalu, rapper sekaligus pengusaha fashion itu memang diketahui senang membuat ulah. Setelah diusir dari gedung Skechers karena datang tak diundang, ia menantang Adidas untuk memecatnya. Dalam artian menyusul rentetan pernyataan anti semit selama berminggu-minggu yang dibuat di media sosial dan di media nasional.

Foto: Instagram Kanye West

Anti Semit sendiri adalah istilah dari suatu sikap prasangka atau kebencian terhadap Yahudi. Hal itu bisa dalam bentuk-bentuk tindakan penganiayaan atau penyiksaan terhadap agama, etnik, maupun kelompok ras, mulai dari kebencian terhadap individu hingga lembaga.

“Saya dapat mengatakan anti semitisme dan Adidas tidak dapat menjatuhkan saya,” kata rapper, yang secara resmi sekarang menggunakan nama “Ye,” dikutip dari Forbes, Rabu, 26 Oktober 2022.

Kanye yang telah bekerja dengan Adidas sejak 2013 pada lini sepatu kets super-mahal dan super-populer Yeezy, mengira dia mempunyai posisi kuat. Bagaimanapun, Adidas mendapat sekitar 4- 8% dari penjualannya dalam produk Yeezy, menurut bank investasi Cowen. Bagi Kanye, itu adalah kesepakatan yang lebih besar, terhitung $1,5 miliar dari kekayaan bersihnya.

Namun rupanya, pada Selasa, 25 Oktober kemarin, Adidas akhirnya mengambil tindakan dan mengakhiri hubungan kerjasama. Langkah itu akan merugikan mereka, tetapi hal itu dirasa perlu karena Adidas tidak bisa mentolerir tindakan-tindakan yang dilakukan Kanye.

Baca Juga: Gara-Gara Ini, Gigi Hadid Serang Kanye West: Kamu Itu Pembully!

“Adidas tidak mentolerir anti semitisme dan segala bentuk ujaran kebencian lainnya. Komentar dan tindakan Ye baru-baru ini tidak dapat diterima, penuh kebencian, dan berbahaya, dan itu melanggar nilai-nilai perusahaan tentang keragaman dan inklusi, saling menghormati, dan keadilan,” isi pernyataan Adidas dalam konferensi pers, dikutip dari Forbes.

“Setelah peninjauan menyeluruh, perusahaan telah mengambil keputusan untuk segera mengakhiri kemitraan dengan Ye, mengakhiri produksi produk bermerek Yeezy dan menghentikan semua pembayaran kepada Ye dan perusahaannya. Adidas akan segera menghentikan bisnis Adidas Yeezy.” imbuh perwakilan resmi Adidas. *han/ika

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here