Chuu ‘LOONA’ Blak-Blakan Bahas Masalah Kesehatan Mental Hingga Finansial

Foto: Dok. Blockberry Creative

Chuu ‘LOONA’ hadir sebagai bintang tamu dalam acara Oh Eun Young’s Golden Clinic pada 7 Oktober lalu. Dalam acara yang ditayangkan di Channel A tersebut, ia mengaku memiliki kebiasaan buruk untuk melepas stressnya. 

Pemilik nama asli Kim Ji Woo itu menjelaskan bahwa ia akan memakan makanan super pedas untuk menghilangkan kepenatannya. Sebagai contoh, baru-baru ini ia makan sup ayam pedas tiga porsi dengan kue beras, bihun, dan semangkok nasi. 

|Baca Juga: Yeojin ‘LOONA’ Ngaku Empat Tahun Tak Digaji

Walau ia menikmati makanan tersebut, Chuu sering makan berlebihan sampai ia tak bisa bernapas dan bahkan memuntahkan makanan itu. Lebih parahnya lagi, idol yang memiliki sifat ceria itu bolak-balik rumah sakit karena kebiasaan buruknya tersebut. 

“Aku ke rumah sakit sebulan sekali untuk mendapatkan vitamin karena perutku sudah ‘rusak’. Ketika stress dalam beberapa waktu, aku akan memakan banyak makanan pedas. Kepedasannya selalu di level lima atau pilihan yang terpedas,” ungkapnya yang membuat para panelist lain terkejut. 

Ia melanjutkan, “Sejak Juli sampai April atau Mei tahun ini, aku sering masuk UGD. Aku tidak bisa mengontrol diriku sendiri.”. 

Foto: Dok. Soompi

Chuu juga menyenggol aturan toksik dari industri hiburan Korea Selatan di mana member girl group dipaksa untuk berdiet. Ia pun harus melakukan itu sampai ia harus mengonsumsi obat diet. Namun, gadis kelahiran 1999 itu mengaku sudah berhenti mengonsumsi obat itu karena berefek negatif terhadap kesehatan mentalnya. 

Saat ditanya mengapa ia melakukan metode itu untuk melepas stress, Chuu membeberkan jika makan makanan pedas itu memuaskan hatinya dan membutuhkan sedikit energi. Ia juga mengaku tidak digaji oleh agensinya pada tahun lalu yang menyebabkan ia kesusahan untuk beli makanan. 

“Tahun lalu, aku tidak mempunyai penghasilan. Jadi ketika aku ingin makan dan harganya mahal, aku menjadi stress. Hal itu yang menjadi kebiasaanku untuk membeli satu makanan super pedas tanpa menyisakan apa pun,” papar idol besutan Blocberry Creative itu. 

Mendengarkan curhatan dari Chuu, psikiater terkenal Korea Selatan yang juga pemimpin acara tersebut, dr. Oh Eun Young, memberikan saran kepadanya. dr. Oh menjelaskan bahwa kebiasaan itu dianggap sebagai self-harm atau menyakiti diri sendiri karena bisa membahayakan kesehatan seseorang. 

|Baca Juga: Hasil Tes PCR Negatif, Loona Tunda Comeback

Psikiater yang dijuluki ‘God of Parenting’ itu menyarankan Chuu untuk mengetahui sumber dari stress tersebut, sehingga pelantun So What dapat menghadapi tekanan yang ia alami dengan tenang dan sehat.

“Menangis ketika kamu sangat sedih itu tidak apa-apa. Menangis itu bukanlah hal yang buruk. Namun, cara yang sehat untuk melepaskan stress adalah mengetahui secara pasti apa penyebabnya. Kamu harus tahu mengapa itu stresor untuk menyelesaikannya dengan baik dan kamu tidak harus melakukan apa pun secara spesifik,” papar psikiater alumnus Yonsei University itu. *mir/ika

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here