5 Tips Agar Beras Awet dan Bebas dari Kutu

Foto: Dok. Pinterest

Siapa sih yang tak merasa kesal ketika ingin menanak nasi tetapi beras yang ingin dimasak ada kutu didalamnya. Tentunya butuh proses pembersihan terlebih dahulu sebelum menjadi nasi yang layak konsumsi bukan? nah Nyata akan bagikan tips agar beras awet dan bebas dari kutu.

Kesalahan saat menyimpan beras dan disimpan terlalu lama dalam wadah, akan membuat kualitas beras menurun. Butiran beras akan berubah menjadi serbuk halus atau tepung beras, yang bisa menghasilkan kutu. Selain itu Penyebab beras berkutu sering kali tidak kita sadari. Beras yang berkutu biasanya memiliki bau yang apak. Sedangkan beras yang berkualitas memiliki aroma yang normal dan tidak menyengat, dengan tekstur yang kuat dan tidak mudah patah. Tapi terkadang, kutu beras masih saja muncul meski kamu sudah berusaha menyimpan beras dengan benar. Jika kondisinya demikian, di bawah ini beberapa tips agar beras bebas dari kutu.

|Baca Juga: Mengenal Menstrual Cup dan Cara Pakainya

1. Simpan beras di dalam kulkas

Anda tidak harus segera membuang beras yang terkena kutu. Anda dapat membasmi kutu, larva, dan telurnya dengan menyimpan beras di dalam kulkas bersuhu 0 derajat Celsius selama 3 – 4 hari. Penyimpanan makanan di dalam kulkas dapat membunuh serangga termasuk kutu. Caranya dengan menyediakan wadah penyimpanan yang bersih. Pastikan wadah penyimpanan makanan dalam kondisi bersih. Periksa kebersihan wadah di sekitarnya. Segera pindahkan beras ke wadah tertutup. Masukkan wadah ke dalam kulkas.

2. Menjemur beras di bawah sinar matahari

Panas dari sinar matahari dapat membantu mengusir kutu dari beras. Tempatkan beras pada wadah yang lebar, lalu jemur di bawah sinar matahari selama beberapa jam. Sebelum menyimpan beras kembali, periksalah apakah masih ada kutu yang tersisa.

3. Jauhkan beras dari bahan makanan lain

Kutu kadang berasal dari bahan makanan lain yang ada di sekitar beras. Jika kutu belum berpindah ke beras, jauhkan beras dari makanan yang menjadi sumbernya. Pastikan produk tersebut aman dari kutu sebelum Anda memindahkan beras kembali.

|Baca Juga: Khasiat Menakjubkan Mandi dengan Rebusan Batang Serei

4. Menggunakan daun salam

Cara lain untuk mengusir kutu yakni menyimpan daun salam di dalam wadah yang sama dengan beras. Kutu beras tidak menyukai aroma daun salam yang kuat. Beberapa lembar daun salam kering sudah cukup untuk membantu menghilangkan serangga hama ini.

5. Menaburkan cengkeh

Cengkeh juga memiliki aroma khas yang tidak disukai oleh kutu beras. Coba ambil satu sendok makan cengkeh bubuk, lalu taburkan di sekitar tempat penyimpanan beras, tepung, dan kacang-kacangan yang rawan terserang kutu.

Beras merupakan tempat tumbuhnya kutu sehingga kamu perlu menyimpan produk ini dengan cara yang benar. Selain mencegah kutu, penyimpanan yang tepat juga bertujuan untuk menjaga kebersihan bahan makanan yang kamu gunakan. *riv/ika

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here