Superman Ternyata Biseksual. Siapa Kekasihnya?

superman-biseksual
Foto: DC Comic

DC Comics sukses bikin heboh setelah mengungkap kalau karakter Superman baru, Jon Kent adalah seorang biseksual. Dalam komik edisi ke lima Superman: Son of Kal-El, Jon yang merupakan putra Clark Kent dan Lois Lane itu diceritakan memiliki hubungan sesama jenis dengan karakter Jay Nakamura. 

Kabar mengejutkan tersebut diungkap oleh DC Comics bersamaan dengan Coming Out Day atau hari kesadaran LGBTQ (Lesbian, Gay, Biskesual, Transgender dan Queer, red) pada Senin (11/10). Hubungan sesama jenis tersebut jadi salah satu bukti bahwa Jonathan Kent atau lebih dikenal sebagai Jon adalah karakter Superman yang berbeda dari ayahnya. 

Sejak komik Superman: Son of Kal_el terbit pada Juli lalu, Superman baru ini sudah melakukan berbagai aksi heroik. Mulai dari mengatasi kebakaran hutan karena perubahan iklim, menggagalkan rencana penembakan masal di sebuah sekolah hingga memprotes deportasi pengungsi di Metropolis.

“Ide untuk mengganti Clark Kent dengan karakter pahlawan berkulit putih straight (tidak LGBTQ, red) terasa seperti hal yang biasa saja. Superman baru ini harus memiliki pertarungan baru, masalah yang benar-benar ada di dunia nyata,” kata penulis serial komik Superman, Tom Taylor seperti dilansir dari The New York Times

“Superman adalah simbol dari harapan, kejujuran dan keadilan. Hari ini simbol tersebut memiliki arti yang lebih. Hari ini, lebih banyak orang bisa melihat dirinya di karakter tersebut,” imbuhnya. 

superman-gay-biseksual-LGBTQ-1
Jon Kent dan Jay. Foto: DC Comics

Baca juga: Pemeran Lois Lane di Film Superman Meninggal Dunia

Meski detail plot belum terungkap, namun DC Comics telah membocorkan teaser saat Jon dan Jay berciuman. Gagasan Superman baru sebagai seorang biseksual itu sudah dipertimbangkan oleh tim editorial sejak 5-10 tahun lalu. 

“Ada perubahan nyata selama beberapa tahun terakhir, mungkin 10 atau 5 tahun lalu itu akan menjadi sulit. Tapi saya berpikir segalanya akan berubah dengan cara yang disambut baik,” kata Tom. 

superman-gay-biseksual-LGBTQ
Foto: DC Comics

Dilansir dari The Guardianmeski memiliki seksualitas yang berbeda dari ayahnya, Jon rupanya memiliki ketertarikan serupa dengan Clark Kent. Sama seperti Lois Lane, Jay Nakamura adalah seorang reporter. Jay yang selalu peduli dengan Jon kabarnya juga memiliki kekuatan spesial dalam cerita komik yang bakal dirilis pada November mendatang itu. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here