Ratu Elizabeth Dilarikan ke Rumah Sakit yang Sama dengan Pangeran Philip

ratu-elizabeth-dilarikan-ke-rumah-sakit
Foto: Alastair Grant/Pool/Reuters

Ratu Elizabeth II dilarikan ke Rumah Sakit King Edward VII, London pada Rabu (20/10) siang. Bahkan perempuan 95 tahun itu harus membatalkan kunjungannya ke Irlandia Utara karena kesehatannya menurun. 

Dalam pernyataan resmi Istana Buckingham menyebut bahwa pemimpin Monarki Inggris itu harus dirawat dan menginap satu malam di rumah sakit. Sayang, mereka tak mengungkap keluhan apa yang dirasakan oleh Ratu. 

“Mengikuti saran medis untuk beristirahat selama beberapa hari, Ratu Elizabeth II mendatangi rumah sakit pada Rabu siang untuk pemeriksaan awal,” begitu bunyi pernyataan resmi dari Istana Buckingham, Kamis (21/10). 

Ratu hanya menginap semalam di rumah sakit yang pernah menangani suaminya, almarhum Pangeran Philip. Ia bahkan sudah diperbolehkan untuk pulang ke Istana Windsor, Inggris pada Kamis siang. 

“Yang Mulia kembali ke Istana Windsor pada Kamis siang dengan kondisi penuh semangat,” pungkasnya. 

ratu elizabeth royal family ii
Ratu Elizabeth. Foto: Chris Jackson/Getty Images

Baca juga: Hidup Ratu Elizabeth II yang Penuh Drama

Dilansir dari People, Ratu kembali bekerja setelah sampai di Istana Windsor. Namun ibu empat anak itu tetap mendengarkan saran para dokter. Sehingga ia memilih pekerjaan-pekerjaan ringan untuk saat ini. 

Ini adalah pertama kalinya Ratu Elizabeth dirawat di rumah sakit sejak lima tahun lalu. Seperti ketahui, ibunda Pangeran Charles itu menjalani operasi katarak pada tahun 2018. Ia juga sempat dirawat karena gastroenteritis atau flu perut pada 2013 lalu. 

Sebelum dilarikan ke rumah sakit, kondisi Ratu memang sudah mengkhawatirkan. Bahkan perempuan yang sudah memimpin monarki selama hampir 70 tahun itu harus menggunakan tongkat saat menghadiri tugas kerajaan. 

queen elizabeth ii ratu memakai tongkat bantu berjalan
Foto: Pool/Shutterstock

Baca juga: Usia Hampir se-Abad, Kondisi Ratu Elizabeth Mengkhawatirkan

Pengamat sekaligus komentator kerajaan Inggris, Chris Ship mengungkap kalau hal ini jadi pertanda kalau kondisi Ratu Elizabeth mulai menurun. Sudah waktunya untuk Ratu mengurangi tugas-tugasnya. 

“Ini adalah hal yang terlihat nyata. Banyak sekali orang-orang yang jauh lebih muda yang sudah menggunakan tongkat untuk berjalan. Fakta Ratu memilikinya (tongkat berjalan, red) adalah semacam pengakuan visual bahwa penguasa berusia 95 tahun itu semakin tidak mampu secara fisik untuk melakukan hal-hal tertentu,” karta Chris Ship di tengah program acara Royal Rota ITV. 

Meski begitu, menurut Chris, Ratu Elizabeth tergolong memiliki kondisi yang fit untuk perempuan berusia 95 tahun. Apalagi ibu empat anak itu masih aktif dalam berbagai acara kerajaan. 

“Aku bisa bilang, Ratu untuk perempuan berusia 95 tergolong sangat sehat dan kita bisa melihatnya kembali fit setelah lockdown, kembali menyapa publik dan jadwalnya hingga saat ini begitu padat,” lanjutnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here