Atasi Jerawat Hingga Hambat Penuaan, Ini 5 Manfaat Air Kelapa untuk Kecantikan

manfaat-air-kelapa-untuk-kecantikan
Foto: Ashe

Bukan hanya menyegarkan dan menyehatkan, air kelapa juga memiliki manfaat untuk kecantikan kulit dan rambut. Mulai dari meredakan sunburn, hingga mengatasi jerawt lho! Daripada penasaran yuk simak ulasan selengkapnya.

1. Redakan Sunburn

Sunburn atau kulit memerah dan iritasi akibat tepapar sinar matahari dapat diredakan dengan air kelapa. Gimana caranya? Campur air kelapa yang kaya akan vitamin E dengan lidah buaya hingga menjadi pasta kental. Oleskan pasta tersebut pada kulit yang terbakar sinar matahari. Biarkan 10-15 menit. Bilas hingga bersih.

2. Hambat Penuaan

manfaat air kelapa untuk kecantikan
Manfaat air kelapa habat penuaan. Foto: Freepik

Air kelapa dapat digunakan sebagai masker anti-aging untuk kulit kering. Itu karena air kelapa mengandung vitamin yang menghambat proses penuaan dengan memungkinkan sel untuk memulihkan dan memerbaiki diri. Juga protein untuk mendorong pertumbuhan dan aktivasi sel, serta vitamin C yang melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari.

Caranya: Campur air kelapa dengan madu hingga membentuk esens cair. Oleskan campuran tersebut pada wajah yang sudah dibersihkan. Biarkan 15-20 menit. Bilas hingga bersih. Oleskan pelembab. Lakukan perawatan tersebut secara teratur, setidaknya dua kali seminggu.

3. Lembutkan Rambut

Air kelapa bisa digunakan sebagai kondisioner tanpa bilas yang bagus untuk mengurangi minyak pada rambut. Sekaligus menghidrasi, membuat rambut lebih wangi dan mengatasi kekusutan.

Caranya: Campur air kelapa segar dengan sari apel atau cuka. Masukan ke dalam botol semprot. Semprotkan pada rambut yang sudah dikeramasi.

Baca juga: 8 Ritual Sebelum Tidur Agar Rambutmu Nggak Rusak

4. Atasi Jerawat

manfaat air kelapa meredakan atasi jerawat
Foto: Freepik

Air kelapa bersifat anti-bakteri, karena mengandung asam laurat. Menurut penelitian, kandungan bahan tersebut mampu melawan Propionibacterium acne, yang menyebabkan peradangan jerawat.

Caranya: Campur air kelapa dengan kunyit dan alpukat hingga membentuk pasta. Oleskan pasta tersebut pada wajah yang sudah dibersihkan. Biarkan 15-20 menit. Bilas hingga bersih. Bahan aktif kunyit, yaitu kurkumin, akan membantu menyembuhkan jerawat lebih cepat dengan mengurangi oksidasi dan menurunkan respon stres.

5. Tonik Rambut

Air kelapa kaya akan asam lemak omega-3, vitamin C, enzim, asam amino dan mineral seperti magnesium dan potasium. Bahan-bahan tersebut bagus untuk menenangkan kulit kepala yang bermasalah akibat penggunaan produk-produk kimia.

Caranya: Campur baking soda dengan air kelapa dan telur. Oleskan campuran tersebut pada kulit kepala. Ini akan mengurangi serpihan dan produksi minyak berlebih pada kulit kepala. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here