Pesan Terakhir Dorce Gamalama yang Terbaring di ICU

kondisi-dorce-gamalama
Dorce Gamalama. Foto: Liputan6

Kondisi Dorce Gamalama masih belum juga membaik. Kini perempuan 58 tahun itu masih tak sadarkan diri dan dirawat secara intensif di Rumah Sakit Primaya Bekasi, Jawa Barat. 

Ternyata sebelum tak sadarkan diri, Dorce sempat menitipkan pesan kepada sang anak. Ia berpesan agar sang buah hati menimba ilmu sebaik mungkin. 

“Kata adikku, dia (Dorce, red) bilang ‘sekolah yang bener’ itu doang sih ngomong ke adikku,” kata putri angkat Dorce, Siti Khadijah, Jumat (8/10).

Menurut Khadijah, adiknya memang selalu intens berkomunikasi dengan Dorce selama ini. “Minta adikku untuk sekolah yang bener, karena kan dia yang intens 24 jam,” imbuh Khadijah.

Khadijah mengatakan kalau Dorce adalah sosok ibu yang baik. Meski kondisinya tidak fit, Dorce tak pernah absen melakukan kewajibannya sebagai orangtua. 

“Mama tuh hebat punya semangat, walaupun mama pusing tapi tetep lakuin kegiatan. Ada aja yang dilakuin, katanya pusing tapi tetep lakuin, mungkin itu cara mama agar tidak merasakan sakitnya,” lanjutnya.

Dorce Gamalama
Foto: Nyata

Baca juga: Tak Sadarkan Diri, Dorce Gamalama Dilarikan ke Rumah Sakit. Begini Kondisi Terbarunya

Sementara itu sebelum dilarikan ke rumah sakit, Dorce pamit untuk tidur kepada keluarganya. Namun ketika dibangunkan, Dorce tidak merespons.

“Katanya ngantuk, terus tidur. Pas mau dibangunin buat makan, sudah enggak ngerespon. Dikasih air, dicipratin, enggak respon. Akhirnya dibawa ke rumah sakit,” terang Siti Khodijah.

Di kesempatan lain keponakan Dorce, Mimi mengatakan kalau ia tak bisa membocorkan detail penyakit yang diderita Dorce. Mimi menjelaskan bahwa Dorce dilarikan ke RS karena tidak bisa bangun dari tempat tidurnya. 

“Detail penyakit tidak bisa dikasih tahu, kejadiannya dirawat seminggu lalu karena sakit dan sama dokter sudah diizinkan pulang Rabu (6/10) sore karena sudah membaik dan akhirnya kami pulang,” kata Mimi di Kopi Viral, Jumat (8/10). 

Baca juga: Dorce Ngebet Jadi Sopir Pribadi, Ini Respon Raffi Ahmad

Kondisi Dorce Gamalama setelah pulang dari RS pun terus membaik. Namun keesokan harinya Dorce disebut Mimi minta tidur karena mengantuk. Saat itu, Dorce belum makan dan minum obat. Ketika dibangunkan menjelang waktu salat Ashar, Dorce tidak memberikan respons. 

“Saat masih malam kondisi mama masih bagus, kemudian besoknya mama (Dorce, red) minta tidur karena ngantuk dan posisi itu mama belum makan dan minum obat. Akhirnya kita kasih istirahat sampai Adzan Ashar, lalu kita bangunkan tapi belum ada respons,” lanjutnya.

“Setelah itu dibangunkan mama tapi tidak ada respon dan wa dokter, saya tanya dokter kok mama dibangunkan tidak bangun. Dokter langsung minta dibawa ke rumah sakit. Hingga kini masih di ICU,” ujarnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here