Innalillahi Wa Inna Ilaihi Rajiun, Kabar Duka Datang dari Olivia Zalianty

olivia-zalianty-kabar-duka-datuk-al-azhar-meninggal-dunia
Foto: Dok. Instagram Olivia Zalianty

Rabu (13/10), artis sekaligus aktivis Olivia Zalianty menyampaikan kabar duka. Melalui Instagram pribadinya, adik Marcella Zalianty itu mengabarkan kematian Datok Seri Al-Azhar, Ketua Majelis Kerapatan Adat Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau. 

Olivia mengaku begitu terpukul dengan kepergian laki-laki yang akrab disapa Atuk Yos tersebut. Keduanya memang sama-sama memiliki minat dalam pelestarian budaya. Sebelum meninggal dunia, budayawan sekaligus satrawan Melayu itu sempat dikabarkan dirawat di rumah sakit sejak pekan lalu. 

Innalilahiwainailaohirojiun…. hari ini kita kehilangan Salah satu tokoh dari Sumatera Datok Seri Al-azhar… yang memiliki perhatian besar pada Kebudayaan… belasungkawa yg mendalam untuk seluruh keluarga yang ditinggalkan,” tulis Olivia. 

olivia zalianty sampaikan kabar duka datuk meninggal dunia Datok Seri Al-Azhar
Olivia Zalianty sampaikan kabar duka meninggalnya Datok Seri Al-Azhar. Foto: Dok. Instagram Olivia Zalianty

Baca juga: Intip 7 Potret Rumah Baru Olivia Zalianty. Kolam Renangnya Super Luas!

Melalui unggahan tersebut, perempuan 39 tahun itu mengenang pertemuannya dengan Atok Yus. Kala itu keduanya bertemu dalam kegiatan kebudayaan serta penanaman pohon di Riau. Tak lupa, Olivia juga mendoakan agar almarhum beristirahat dalam damai. 

Semoga amal perbuatannya bs menjadi amal jariah… selamat jalan datok… #innalilahiwainnailaihirojiun foto ini dikirim dari kegiatan kebudayaan sekaligus menanam pohon d riau bersama @generasilintasbudaya,” pungkasnya. 

Unggahan tersebut langsung dibanjiri komentar warganet. Tidak sedikit yang menitipkan ucapan belasungkawanya lewat kolom komentar. 

“Inna lillahi wa inna ilaihi rajiun. Beliau salah seorg mpu budaya melayu. Kehilangan besar,” tulis akun @yudi.latif. “Inna lillahi wa Inna ilaihi Raji’un… Al-fatihah…Husnul khotimah…aamiin🤲,” sahut akun @ardian_chin. “RIP. Turut Berduka cita🙏,” akun @angelique.pangkey menambahkan. 

Baca juga: Ini Sosok Suami Olivia Zalianty. Usianya Mendadak Dipertanyakan!

Sementara itu, semasa hidupnya Al Azhar kerap menyuarakan hak-hak adat yang dirampas oleh korporasi. Dilansir dari Antaranews, semasa hidupnya Al Azhar banyak melakukan penelitian yang berkaitan dengan adat dan kebudayaan. Ia bertekad supaya anak cucu Melayu bisa menikmati warisan adat nenek moyangnya. 

“Walau pun hanya dapat sejengkal, saya mau yang sejengkal itu didapatkan dengan upaya. Generasi di bawah saya, harus mendapatkan apa yang hilang, yang tidak mampu dijaga oleh generasi saya, dan generasi di atas saya,” kata Al Azhar, tahun 2017 lalu. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here