Hasil Fotonya Selalu Cemerlang, Rio Motret Buka Rahasia Trik Jepret Artis

rio-motret
Rio Motret (tengah) dan hasil jepretan fotonya

       Rio Wibowo atau lebih dikenal Rio Motret menjadi salah satu fotografer profesional yang sering kali memotret selebritis top di Tanah Air. Rio Motret mengawali karirnya di dunia fotografi di tahun 2004. Yang menarik, ilmu fotografi yang didapat kebanyakan bukan dari kampus, melainkan dari komunitas. Dari situ, dia banyak belajar dari orang-orang yang lebih dulu terjun ke dunia fotografi.

       “Jadi aku awalnya adalah mahasiswa desain grafis. terus ada mata kuliah fotografi yang cuma dua semester. Dari situ aku tertarik banget dengan dunia fotografi, tapi langsung ke modeling, foto fashion. Karena dari awal aku merasa kalau itu genre yang paling aku suka. Karena aku selalu mengagumi keindahan seorang wanita. otodidak mengembangkan sendiri. Banyak belajar lewat hunting bersama forum baca internet lebih banyak otodidak-nya sih,” kata Rio Motret dalam jumpa pers virtual launching Nikon Z fc, beberapa waktu lalu.

      Ia mengatakan, “Aku dulu rajin hunting (foto). Sekarang masa pandemi, jadi berkurang. Dulu tuh banyak banget diselenggarakan hunting-hunting bersama, seperti di Kota Tua. Di situ aku banyak belajar dari senior, lensa apa sih yang dipakai, angle mana yang bagus, bagaimana caranya mengarahkan gaya. Itu aku banyak dapat dari hunting bersama.”

rio motret

     Menurut Rio, untuk support kegiatan memotretnya sehari-hari di studio maupun saat ada project ke luar kota, dirinya selalu membawa kamera Z7II dan Z7. “Jadi aku selalu membawa dua kamera itu. karena memiliki bodykecil dan ringan. Sementara untuk lensanya, aku menggunakan 24-70 mm yang f2.8 saat di studio. Lensa yang paling sering aku pakai itu lensa fix 50 mm yang diafragmanya 1.4,  dan lensa fix 85 mm f1.4. Itu tiga lensa andalan aku yang biasa aku bawa kemana-mana. Bisa untuk foto modeling, prewedding,” ungkapnya.

|Baca Juga: Rio Motret Diteror Gara-Gara Pilih Syahrini Jadi Ikon Cantik yang Terakhir

       Sebagai seorang fotografer profesional, Rio Motret sudah tahu betul tipe-tipe kamera yang menghasilkan karya bagus. Selain menggunakan kamera DSLR (Digital Single Lens Reflex), Rio Motret juga sering memakai tipe yang lebih kecil atau lebih dikenal dengan mirrorless.

     Tak kalah dengan DSLR, Rio Motret mengatakan kamera mirrorless juga bisa menghasilkan karya yang bagus. “seperti Z fc, Kamera vintage sangat unik, sedangkan ukurannya yang ringkas, kecil dan ringan, membuat nyaman untuk dibawa-bawa saat traveling,” ungkap Fotografer yang pertamakali memotret selebriti Indonesia pada tahun 2007 itu.

      Ia mengatakan, “Menurut aku era 2021, kamera yang ringan sekali, mungil, tapi canggih, yang akan dicari semua orang. Karena bisa  dibawa ke mana aja dengan mudah dan ringan. Apalagi kalau sering ke luar kota, tinggal masukin ke tas. Kan nggak semua orang kepengen bawa tas kamera yang ukurannya besar. Jadi buat foto modeling, prewedding jadi cocok.”

      Karena mempunyai teknologi dan hasil foto yang bagus, Rio juga berencana menggunakan kamera mirrorless tersebut untuk memotret selebritis di Indonesia. “Sebenernya nggak selebriti atau selebritis pasti kamera-nya aku akan pakai. Karena kualitasnya nggak kalah bagus,” tandasnya. *omi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here