Usia Hampir se-Abad, Kondisi Ratu Elizabeth Mengkhawatirkan

ratu-elizabeth-kondisi-sakit-tua-pakai-tongkat
Foto: Geoff Caddick/AFP/Getty Images

Untuk pertama kalinya, Ratu Elizabeth II berjalan menggunakan tongkat saat menghadiri sebuah acara di Westminster Abbey, London, Inggris, Selasa (12/10) lalu. Perempuan 95 tahun itu terakhir kali berjalan menggunakan tongkat pada 17 tahun lalu. Kala itu, ia baru saja menjalani operasi di bagian lututnya. 

Namun kali ini berbeda. Pihak Istana Buckingham tidak mengabarkan kalau pemimpin monarki Inggris itu baru saja menjalani operasi atau pun mengalami gangguan kesehatan. Mereka juga enggan memberikan komentarnya terkait hal tersebut. 

queen elizabeth ii ratu memakai tongkat bantu berjalan
Foto: Pool/Shutterstock

Baca juga: Hidup Ratu Elizabeth II yang Penuh Drama

Pengamat sekaligus komentator kerajaan Inggris, Chris Ship mengungkap kalau hal ini jadi pertanda kalau kondisi Ratu Elizabeth mulai menurun. Sudah waktunya untuk Ratu mengurangi tugas-tugasnya. 

“Ini adalah hal yang terlihat nyata. Banyak sekali orang-orang yang jauh lebih muda yang sudah menggunakan tongkat untuk berjalan. Fakta Ratu memilikinya (tongkat berjalan, red) adalah semacam pengakuan visual bahwa penguasa berusia 95 tahun itu semakin tidak mampu secara fisik untuk melakukan hal-hal tertentu,” karta Chris Ship di tengah program acara Royal Rota ITV. 

Meski begitu, menurut Chris, Ratu tergolong memiliki kondisi yang fit untuk perempuan berusia 95 tahun. Apalagi ibu empat anak itu masih aktif dalam berbagai acara kerajaan. 

“Aku bisa bilang, Ratu untuk perempuan berusia 95 tergolong sangat sehat dan kita bisa melihatnya kembali fit setelah lockdown, kembali menyapa publik dan jadwalnya hingga saat ini begitu padat,” lanjutnya. 

Baca juga: Makna Unik di Balik 11 Nama Cicit Ratu Elizabeth. Yuk Catet!

Dilansir dari Daily Express, Ratu Elizabeth memilih untuk menggunakan tongkat dengan alasan kenyamanan. Ibunda Pangeran Charles itu tidak melakukannya karena alasan kesehatan. 

Meski begitu, para penggemar mengaku khawatir dengan kondisi Ratu. Meski begitu tidak sedikit pula yang merasa terinspirasi karena Ratu Elizabeth tetap aktif walau usianya hampir satu abad. 

Ratu mungkin kelelahan. Perempuan ini benar-benar inspirasi bagi banyak orang. Dia sungguh pekerja keras. Meski usianya sudah senja, ia tetap bekerja. Semoga sehat selalu,” tulis akun @PunkeyPye di Twitter.Aku khawatir dengan Ratu Elizabeth. Dia telah melalui banyak hal tahun ini. Dia adalah sosok yang harus ditiru oleh para perempuan. Dia kehilangan suaminya, Harry dan Meghan menyerangnya seperti ular, isu soal Pangeran Andrew dan tentunya pandemi,” akun @Norma52887763 menambahkan. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here