Suka Olahraga? Jangan Pernah Abaikan Hal Ini Kalau Tak Ingin Kena Penyakit Mematikan!

tips-olahraga-cara-memakai-sunscreen
Foto: Net

Berolahraga sangat penting untuk menjaga imunitas atau kekebalan tubuh. Apalagi saat pandemi COVID-19 seperti sekarang ini. Namun saat olahraga jangan lupa mengoleskan sunscreen atau tabir surya agar kulit tetap terlindungi dari dampak buruk sinar matahari.

”Seperti diketahui, sinar matahari punya banyak banget manfaat untuk tubuh. Tapi juga mengandung sinar ultraviolet yang bisa berdampak negatif,” ujar Senior Brand Manager NIVEA Face, Sun and Lip Dian Nuzulia dalam acara virtual belum lama ini. 

Dijelaskan Dian, sinar ultraviolet (UV) matahari ada tiga, yaitu A, B, dan C. UVA mampu menembus lapisan kulit lebih dalam dan akan merusak kolagen serta dermis. ”Nah sinar UVA ini akan menyebabkan munculnya garis-garis halus, kerutan, dan vlek hitam,” terang Dian. 

Sinar UVB menyebabkan kulit terbakar (sunburn) yang ditandai dengan kulit memerah, mengelupas dan sakit bila disentuh. Paparan sinar UVB yang berlebihan bahkan bisa menyebabkan penyakit mematikan seperti kanker kulit. 

Baca juga: 5 Resep Awet Muda Desainer Vera Wang. Ternyata Gampang Dicontek!

Sedang sinar UVC memiliki potensi merusak kulit paling besar dan berbahaya. Untungnya sinar ini tidak dapat menembus lapisan ozon. Sehingga yang perlu diwaspadai adalah sinar UVA dan UVB.

Karena itu sebelum berolahraga atau beraktivitas di luar ruangan, Dian mengingatkan untuk mengoleskan sunscreen lebih dahulu untuk melindungi kulit. ”Bahkan olahraga di dalam rumah pun perlu mengoleskan sunscreen. Sebab UVA bisa menembus kaca,” ujarnya.

Perlindungan Maksimal

Agar sunscreen yang dioleskan benar-benar memberikan perlindungan maksimal, berikut ini tips dari Dian:

  1. Pilih sesuai Kebutuhan 

Pastikan memilih sunscreen yang tepat sesuai dengan kebutuhan. Saat membeli sunscreen perhatikan kandungan Sun Protection Factor atau SPF yang tertera pada kemasan. UVB 

Pilih sunscreen minimal SPF tiga puluh yang dapat menghalangi 97 persen sinar UVB penyebab kulit gosong dan terbakar. ”Kalau olahraganya hanya jogging sebentar, cukup memilih sunscreen dengan SPF tiga puluh,” kata Dian. 

”Tapi kalau berolahraga dengan durasi lama, seperti bersepeda yang jaraknya jauuh, sebaiknya gunakan sunscreen dengan SPF lima puluh atau lima puluh plus,” sambungnya.

Baca juga: Bye bye Mata Panda! 6 Bahan Alami Ini Bisa Usir Kantung Mata

Akan lebih baik lagi jika sunscreen juga memberikan perlindungan dari sinar UVA yang dapat menyebabkan munculnya tanda-tanda penuaan. ”Perlindungan terhadap sinar UVA ini ditandai dengan PA plus, PA plus plus, atau PA plus plus plus. Makin banyak plusnya, makin tinggi perlindungannya terhadap sinar UVA,” beber Dian.

  1. Jumlah yang Dioleskan

Seberapa banyak harus mengoleskan sunscreen? Dikatakan Dian, untuk area wajah cukup dua ruas jari. ”Oleskan secara merata pada wajah. Pastikan seluruh bagian wajah tertutup sunscreen,” katanya. 

Sedang untuk tubuh sebanyak satu sendok teh atau sesuai kebutuhan. Pastikan seluruh tubuh tertutup sunscreen, terutama tangan dan kaki.

  1. Waktu 

Oleskan sunscreen setidaknya 30 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan. Dengan begitu bahan yang terkandung di dalamnya benar-benar meresap ke dalam kulit dan dapat memberikan perlindungan optimasl. 

  1. Diulang 

Oleskan lagi sunscreen setidaknya empat jam sekali. Sebab perlindunganya maksimal empat jam. *bbs/hen 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here