Dituding Plagiat Video Klip IU, Ini Pembelaan Via Vallen

via-vallen-plagiat-video-klip-IU-above-the-time
Foto: Dok. Pri

Pedangdut Via Vallen kembali jadi sorotan. Belum genap 24 jam setelah peluncuran video klip terbarunya yang bertajuk Kasih Dengarkanlah Aku, Via Vallen sudah bikin para penggemar penyanyi Korea Selatan IU ngamuk. Mereka menilai klip lagu tersebut begitu mirip dengan video klip Above The Time milik IU. 

Tangkapan layar kemiripan dua video klip tersebut pun langsung viral di media sosial. Bahkan media Korea Selatan, Allkpop.com juga menyoroti isu tersebut. 

via-vallen-plagiat-penyanyi-korea-IU-video-klip-kasih-dengarkanlah
Foto: YouTube

Baca juga: Wow, Ada Hujan Uang di Kediaman Via Vallen!

Warganet meminta pihak Via Vallen menghapus video klip tersebut dari YouTube. Para penggemar IU bahkan mengancam akan melaporkan hal itu kepada agensi IU, Edam Entertainment. 

Sebagai penikmat lagu IU, sungguh disayangkan penyanyi Indonesia menjiplak konsep orang lain, mba IU udah berusaha membuat konsepnya, tp pihak via malah seenaknya main comot. Lebih baik hapus mv, dan buat konsep baru, keluarkan kreatifitas kalian, bukan kreatifitas menjiplak. Euwh… Memalukan,” tulis akun Mutiara Mutiah.

Lagunya lumayan enak. Cuma disayangkan banget mv nya plek ketiplek mv iu above the time. Kalau misal ga tau/ga sengaja, masa bisa hampir mirip 80%. Sangat disayangkan sekali,” sahut akun @Karina Fitri. “MV Terbaru Penyanyi Indonesia Via Vallen telah meniru konsep dan jalan cerita MV Above The Time IU. Silahkan lapor ke EDAM Entertainment lewat email iufan.report@gmail.com,” tulis akun twitter @IU_Canada.

Via-vallen-IU
Via Vallen dituding plagiat video klip Above The Time milik IU. Foto: YouTube

Tak ingin berlarut-larut, label yang memproduseri video klip tersebut, Ascada Musik angkat bicara. Ia mengatakan bahwa pihak manajemen tidak tahu soal kemiripan video klip itu dari awal.

Bahwa pihak management, menerima seluruh konsep/ide video klip yang ditawarkan oleh pihak sutradara. Adapun dari hasil akhir video klip tersebut ada kemiripan dengan video klip lain, kami pihak management sama sekali tidak mengetahuinya, dan pihak management sedang meminta klarifikasi dari pihak sutradara,” tulis Ascada di kolom komentar video tersebut.

Tak hanya itu, Ascada juga mengungkap kalau artis yang bermain dalam video tersebut, Via Vallen dan Dyrga ‘Dadali’ hanya menjalankan tugas sebagai talent. Keduanya tidak terlibat dalam menentukan konsep video klip. 

Pihak artis dalam hal ini Via Vallen dan Dyrga Dadali sebagai pemeran utama dalam video klip tersebut, hanya menjalankan tugasnya sebagai talent yang seluruh aktifitasnya diarahkan oleh sutradara,” kata pihak Ascada. 

Kedua artis tersebut tidak turut serta berperan dalam menentukan konsep idea video klip. Demikian kiranya, beberapa tanggapan yang bisa kami sampaikan, atas berbagai komentar dan saran yang sudah kami terima, dari dirilisnya video klip tersebut. Terima kasih,” imbuhnya. 

Baca juga: Pamer Pas Foto saat SMP, 5 Seleb Ini Sukses Bikin Pangling!

Tak hanya pihak Ascada Musik, Via juga buka suara. Lewat Instagram story, Via Vallen akhirnya klarifikasi soal tudingan plagiarisme video klipnya itu. Senada dengan Ascada, Via mengaku tak tahu soal konsep video tersebut yang mirip dengan milik IU.

Untuk IU, fans IU dan terutama vyanisty, juga pihak yang merasa dirugikan. Aku minta maaf soal MV terbaru aku yg ternyata memang muiripp bangett sama MVnya IU. Ini sama sekali ga ada unsur kesengajaan. Karena aku bukan penggemar Kpop secara umum, jadi ga banyak tahu soal MV Kpop (kebanyakan MV Kpop yang aku lihat cuma punya blackpink doang),” kata Via. 

via-vallen plagiat video musik IU
Foto: Dok. Instagram Via Vallen

Baca juga: Ulang Tahun, Via Vallen Kaget Dapat Kejutan Kalung Berlian

Pelantun Sayang itu merasa malu karena kejadian itu. Ia pun meminta maaf dan berjanji akan menarik video tersebut dari YouTube. 

Kalo dari awal aku tau bahwa MV ‘Kasih Dengarkanlah Aku’ ini plek ketiplek sama MV orang lain, sudah pasti 100% bakalan minta ganti konsep. Jujur aku malu banget pas tau. Aku bakal minta videonya di-take down,” janji Via.

Dan ini akan jadi pembelajatan buat ke depannya diar gak terjadi lagi hal seperti ini. Sekali lagi, dari lubuh hati yang paling dalam, aku mohon maaf yang sebesar-besarnya,” pungkasnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here