Gandeng Dua Musisi Manca, Dewa Budjana Rilis ‘Kmalasana’

lagu-baru-dewa-budjana
Foto: Dok. Pri

Musisi Dewa Budjana kembali merilis karya terbaru bertajuk Kmalasana. Di single terbarunya tersebut, gitaris grup band Gigi itu menggandeng dua musisi manca. Mereka tak lain adalah Simon Phillips, drummer legendaris mantan personel band Toto dan Carlitos Del Puerto, bassist kelahiran Cuba yang juga pemenang Grammy Awards.

Dewa Budjana mengungkapkan bahwa single Kmalasana digarapnya di tengah pandemi Covid-19. Ini juga merupakan buktikan bahwa musisi terus aktif berkarya kendati secara fisik mereka terbatasi dan harus melakukan adaptasi dengan kehidupan normal baru.

Lebih dari itu, lagu Kmalasana menjadi sangat berarti bagi Dewa Budjana. Pasalnya, ini adalah interprestasi personalnya atas pandemi lewat suara, nada, dan harmoni.

Kmalasana diharapkan dapat menciptakan nuansa batin yang tenang bagi para pendengarnya. Karya instrumental itu lebih enak karena bisa multi tafsir. Tergantung orang yang mendengarnya.

“Cara yang saya lakukan melalui nada ini, mudah-mudahan dapat membawa pendengar ke tempat yang tenang juga. Syahdu kalau saya bilang,” kata Dewa Budjana dalam jumpa pers virtual, Rabu (21/10).

dewa-budjana
Foto: Istimewa

Baca juga: Kembali Bertemu, Ahmad Dhani dan Maia Sukses Bikin Heboh!

Dia mengatakan proses pembuatan single terbarunya butuh waktu kurang lebih tiga bulan. Lagu baru Kmalasana merupakan gabungan kata yang sengaja dibuat Dewa Budjana. Dari kata Kemala dan Asana. Yang diartikan Dewa Budjana sebagai sikap yang indah.

Dia mengaku memang sangat senang menggabungkan kata seperti tercermin dalam sejumlah karya sebelumnya. Selain itu, Kmalasana juga bisa berarti sebuah desa.

“Saya memang suka bermain dengan kata-kata. Album saya juga ada campuran bahasa Inggris dan bahasa Indonesia,” ungkap musisi asal Bali ini.

Kmalasana dirilis Dewa Budjana di bawah naungan label musik Mehsada. Single ini secara resmi dirilis pada Rabu (21/10) dan bisa dinikmati di berbagai platform musik digital.

Dani Rahadian selaku CEO Mehsada menuturkan, Kmalasana merupakan rilisan pertama dari Mehsada dan diharapkan ke depannya label ini dapat lebih banyak membawa musik dengan nilai kedamaian serta ketenteraman kepada khalayak luas. Adapun Mehsada memiliki misi untuk melahirkan kembali kesyahduan yang kian menghilang di industri musik Indonesia. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here