Unggah Foto di Jeep, Awkarin Dituding Curi Karya Seniman AS

awkarin-mencuri-hasil-karya-artis-luar-negeri
Foto: Dok. Instagram Awkarin

Lagi-lagi selebgram Karin Novilda alias Awkarin jadi sorotan. Pasalnya, perempuan 22 tahun itu diketahui telah memakai ilustrasi seorang seniman asal Los Angeles, Amerika Serikat, Hallie Bateman. 

Hal itu mengemuka setelah Awkarin mengunggah fotonya saat berada di atas mobil Jeep. Foto tersebut dieditnya menggunakan ilustrasi It’s Miracle We Ever Met karya Hallie. Karin lantas mengunggah foto tersebut di Instagram-nya, tanpa meminta izin ataupun mencantumkan nama ilustratornya. 

awkarin-mencuri-karya-ilustrasi-artis-luar-negeri
Foto: Dok. Instagram Awkarin

Baca juga: Bikin Kontroversi Covid-19, 8 Artis ‘Tampar’ Anji dengan Sindiran Pedas

Seorang warganet pun memperingatkan Karin untuk tidak sembarangan mencomot karya orang lain. “Hi @awkarin berhenti menggunakan karya seni milik orang lain tanpa izin dan mendapatkan sekitar 170 ribu likes di sana. Katakan sesuatu kepada @hallithbates,” cuit seorang warganet di Twitter. 

Tak butuh waktu lama, setelah tahu Awkarin menggunakan karyanya tanpa izin, Hallie Bateman pun menuliskan kritiknya di Twitter. Ia mempermasalahkan tindakan Awkarin dan memintanya untuk menghapus unggahan tersebut. 

@Awkarin mengedit dan mengunggah ulang karya seni saya ke akun Instagramnya. Dia juga membagikannya kepada 5,7 juta pengikutnya, tanpa pernah bertanya soal izin atau menuliskan credit. Saya meminta dia untuk menurunkannya, namun tidak ada respons,” cuit Hallie

hallie-bateman-vs-awkarin-novilda
Foto: Twitter Hallie Bateman

Selang beberapa jam, akhirnya Awkarin merespon cuitan Hallie. Ia berdalih menemukan ilustrasi tersebut di Pinterest tanpa tahu sumber aslinya. 

“Sekali lagi saya membuat kesalahan dengan menggunakan karya seni seseorang di Pinterest tanpa mengetahui siapa seniman yang sebenarnya. Saya sangat ceroboh untuk tidak mencoba mencari tahu siapa senimannya. Tapi, saya tidak pernah berniat mencuri atau meniru karya seniman lain. Saya sangat menyesal untuk ini,” aku Karin. 

awkarin-mencuri-karya-hallie-bateman
Foto: Twitter Hallie Bateman

Baca juga: Pernah Bertemu Agnez Mo, Awkarin Ungkap Alasan Ogah Foto Bareng

Awkarin pun menghapus postingan tersebut. Namun, Hallie tetap merasa janggal dengan permintaan maaf Karin. Hal tersebut dikarenakan Karin masih tidak menyebut Hallie dalam permintaan maafnya di Twitter. 

“‘Minta maaf sebesar-besarnya’ tetapi masih menghindari untuk menyebut namaku. Sangat keren. Amit-amit @awkarin memperbolehkan jutaan followernya untuk tahu seniman di balik ilustrasi yang digunakannya tanpa izin,” sindir Hallie. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here