Jenius Novel Siap Obrak-abrik Dunia Selebritis

jenius-novel
Foto: Dok. Pri

Dunia literasi di Indonesia kian berkembang. Banyak sekali penulis baru bermuncula, baik penulis komik maupun novel. Tidak sedikit pula karya-karya tersebut yang diangkat ke layar lebar dan jadi perhatian jutaan penonton.

Namun banyak juga karya yang tidak memiliki keberuntungan sebesar itu. Melihat hal tersebut, muncullah Jenius Novel yang dibuat oleh Lutfi JW, seorang coach writer asal Jepara, yang juga seorang pengamat perilaku selebritis.

“Jenius Novel atau yang disingkat JeNov adalah kelas menulis khusus untuk melahirkan novel. JeNov adalah sebuah kelas yang dilahirkan oleh Jenius Writing Academy Indonesia. JeNov tidak mau menjadi sebuah kelas menulis yang melahirkan novel biasa, karena itu akan melukai nama Jenius Novel”, ungkap Lutfi di Jakarta.

Baca juga: Menilik Mewahnya Rumah Inul Daratista Beserta Koleksi-koleksinya

Menurut Lutfi, JeNov ingin melahirkan novel-novel hebat soal kehidupan publik figur. Karakter novelnya pun akan unik dan anti-mainstream.

“Diolah dengan bahasa yang lezat sehingga enak dibaca. Tapi dengan energi cinta nulisnya. Karena Jenius Novel ini punya semangat menyebarkan inspirasi positif kepada masyarakat Indonesia. Tidak mau mengangkat cerita yang ecek-ecek atau lebay, ngarang-ngarang saja,” tambah Lufti.

Di kesempatan yang sama, Lutfi juga memaparkan tentang cerita dasar dari Jenius Novel.

“Jadi basic story-nya itu adalah dalam kehidupan nyata ‘based on true story‘, terutama true story-nya orang-orang spesial. Bisa pejuang kemanusiaan, bisa tokoh politik, bisa orang-orang yang berjuang keluar dari penyakitnya. Dan yang paling penting adalah orang-orang yang memang bisa langsung mempengaruhi publik dengan cepat, yaitu artis dan selebritis,” ujarnya.

Bersama JeNov, Lutfi ingin mengobrak-abrik dunia selebritis dengan kata-kata yang berefek pencerahan. Ia ingin mengubah hal-hal negatif menjadi positif.

“Satu pola yang negatif, satu perilaku ataupun semacam tren yang negatif supaya menjadi positif. Jadi mengobrak-abrik itu diracik menjadi tulisan yang menginspirasi,” tutur Lutfi.

Baca juga: Inilah 8 Gaun Red Carpet Termahal yang Pernah Ada

Mereka akan menyoroti fenomena-fenomena yang sedang panas dan viral. Untuk itu, ia memperingatkan agar para artis berhati-hati karena kehidupannya bisa diabadikan dalam novel.

“Maka berhati – hatilah para artis karena jika JN sudah beraksi, kehidupan anda akan diulik, diangkat dan diabadikan dalam novel. Dan JeNov juga respect banget kepada artis yang penuh perjuangan nilai-nilai positif, hijrah untuk kita kabarkan dan diabadikan juga lewat novel. Contohnya Ria Irawan yang perjuangannya dahsyat itu,” kata Lutfi lagi.

Lutfi pun sempat membocorkan beberapa artis yang akan menjadi objek tulisan.

“Ada beberapa artis yang masih kita godok seperti NM, SG, AL, VB, BP dan RM, bocoran sementara itu ya,” ujar Lutfi.

“JeNov sudah mulai bergerak tahun ini. Akhir tahun kemungkinan ada satu novel yang lahir. Sedangkan untuk tahun 2020, kita targetnya tiga novel yang akan lahir, mengobrak-abrik pemahaman orang tentang dunia artis dan selebritis. Yang pasti ini bukan biografi”, pungkas Lutfi.

Dan novel pertama yang lahir dari JeNov ada nama Jessica Iskandar dan Ayu Ting Ting. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here