7 Langkah Praktis Lakukan Perawatan Wajah dari Rumah

0
197
home-skincare-treatment
Foto: makeup2do

Rahasia kulit wajah sehat dan cantik adalah rajin melakukan perawatan. Tak perlu muluk-muluk, cukup lakukan sendiri perawatan wajah di rumah yang bisa dilakukan secara rutin. Apa saja yang bisa dilakukan untuk hal tersebut? Yuk lihat berikut ini!

1. Uap Wajah

face-steamer-alat
Foto: shoutoutbeauty

Untuk membuka rangkaian perawatan wajah, awali dengan melakukan face steaming atau uap wajah. Siapkan air panas dalam baskom lalu tambahkan minyak essensial favoritmu. Tundukkan wajah ke arah uap dan tutup kepala dengan handuk agar uap tak menyebar.

Jika ingin lebih praktis dan efektif, kamu bisa melakukan uap wajah dengan alat face steaming. Lakukan perawatan ini selama 15 hingga 20 menit.

Baca juga: Rahasia Dapatkan Kulit Wajah Glowing Sepanjang Masa

Melakukan uap wajah memberikan banyak manfaat. Seperti menghaluskan kulit, membersihkan pori-pori wajah dari bakteri dan kotoran, serta mempermudah pengangkatan komedo.

2. Vakum komedo

vakum-komedo
Foto: Perfectbeauty.id

Cara efektif mengangkat komedo dengan alat vakum komedo adalah dengan melakukan uap wajah terlebih dahulu. Sekitar menit kelima saat melakukan uap wajah, barengi dengan melakukan vakum pada daerah yang terdapat komedo. Lakukan hal tersebut selama seminggu sekali.

3. Masker Wajah

Rajin menggunakan masker wajah setidaknya dua kali seminggu, memiliki manfaat yang besar. Diantaranya adalah menghindari jerawat, mengecilkan pori-pori, anti aging dan menghilangkan komedo.

Kamu bisa membuat sendiri masker alami seperti dari campuran bubuk kayu manis dan madu. Gunakan masker selama 15 hingga 20 menit.

Baca juga: Skincare yang Wajib Digunakan Rutin Saat Masuk Usia 20-an

4. Toner

Setelah pengaplikasian masker, kulit wajah biasanya menjadi lebih kering. Gunakan toner untuk menyeimbangkan pH wajah. Toner juga membantu menghilangkan kelebihan minyak dan sel kulit mati yang mungkin masih tersisa di wajah. Penggunaan toner juga mampu menambah lapisan proteksi pada kulit.

5. Serum

Di dalam serum, terdapat kandungan vitamin dan antioksidan. Serum juga kedap udara karena tidak mengandung bahan pelembab oklusif, sehingga melindungi air dari penguapan. Carilah serum dengan bahan dasar air tanpa ada unsur minyak yang dapat menyumbat pori-pori.

Baca juga: Apa Sih Bedanya Night Cream dan Sleeping Mask?

6. Krim mata

Saatnya kamu menggunakan krim mata untuk mencegah timbulnya garis-garis halus, keriput, lingkaran hitam pada mata dan membantu sirkulasi darah sekitar kulit mata. Beberapa produk krim mata juga mampu meningkatkan produksi kolagen pada kulit.

7. Serum bulu mata

Serum bulu mata pada umumnya mengandung biotin yang dapat mencegah kerontokan. Selain itu juga mengandung peptide, panthenol dan sodium hyaluronate yang mampu meningkatkan fleksibilitas helai bulu mata dan memberi efek tebal. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here