Eksis Menari Bareng SSC: Salsa Gampang Banget!

0
1273
ssc-2
Foto: Dokumentasi SSC

Ditengah maraknya berbagai alternatif tari dan senam yang kini jadi tren untuk olahraga, salsa nyatanya masih tercium eksistensinya.

Seperti yang digalakkan oleh salah satu komunitas salsa di Surabaya, yakni Surabaya Salsa Community (SSC). Komunitas yang beranggotakan lebih dari 300 orang itu, dibentuk sejak tahun 2013.

Mereka yang datang untuk berlatih, berasal dari berbagai profesi dan latar belakang. Misalnya karyawan swasta, pengusaha hingga trainer zumba dan senam.

ssc-2
Foto: Dokumentasi SSC

Baca juga: Manfaat Olahraga Pilates yang Dilakukan Shandy Aulia Selama Hamil

Tarian yang berasal dari Kuba ini memang terlihat cukup sulit. Namun anggapan itu tak berlaku jika sudah turun langsung ke lantai dansa.

“Salsa gampang banget. Terlihat susah, tapi ternyata nggak sesusah itu. Jadi awalnya memang diajari. Kalau mereka sudah bisa basic-nya, itu mudah kok. Pemula semua bisa. Kalau di komunitas kita, yang penting dia ada keinginan untuk belajar, tertarik dan percaya diri,” ungkap Nisha, salah satu tim pengurus SSC.

ssc-3
Foto: Dokumentasi SSC

Dalam kelas salsa terdapat beberapa tingkatan. Setelah lolos pada kelas basic, nantinya akan berlanjut ke kelas intermediate. Para anggota akan belajar berbagai jenis tarian seperti salsa on1, salsa on2, bachata dan kizomba.

Baca juga: Mengintip Gaya Tidur Andien Aisyah Dengan Mulut Diplester

ssc-1
Foto: Dokumentasi SSC

Dalam prosesnya, tarian salsa akan lebih banyak menggunakan koreo secara berpasangan. Nantinya setiap anggota dalam komunitas ini, akan berbaur untuk berlatih secara berpasang-pasangan.

“Kalau datang ke komunitas kita, nggak harus punya pasangan. Tanpa bawa pasangan nggak papa. Nanti juga ada tariannya yang tanpa pasangan, yang tarian berpasangan juga diajari. Intinya belajar aja,” terang Nisha.

Baca juga: Ingin Tubuh Ideal? Coba Rutin Lakukan 5 Olahraga Ini, Girls!

ssc-4
Foto: Dokumentasi SSC

Selain membuat badan lebih sehat, salsa juga membuat pikiran bebas stres. Biasanya sepulang latihan, tubuh akan terasa bugar sehingga tidur lebih nyenyak dan tenang.

“Salsa kan sebenarnya kita itu olahraga ya. Nari keringetannya juga banyak. Tapi nggak sadar kalau itu olahraga, karena kita happy, jadi kayak nipu badan,” beber pelatih di kelas basic itu.

Latihan salsa tidak terbatas oleh umur dan jenis kelamin. Surabaya Salsa Community biasanya berlatih tiga kali seminggu tiap hari Senin, Rabu dan Jumat, tiap pukul 20.00 hingga 23.00 WIB. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here