SATU HATI Sukses Galang Dana Rp. 2,3 M untuk Palu-Sigi-Donggala

0
2815
event-satu-hati-untuk-palu8
(Dari kiri) Alamsyah Jo, Nany Widjaja saat menyerahkan hasil donasi kepada Halim Rusli. Foto: Adi Wiratmo/Nyata

Empat gadis cilik dengan rok tutu, menari dengan lincahnya. Melangkah ke sana kemari seperti 4 ekor angsa. Dilanjutkan dengan aksi 3 ballerina dengan kostum warna-warni, kompak membawakan tarian yang tak kalah menariknya.

Tarian balet serupa bukanlah hal yang baru. Tak lain karena pertunjukan bertaraf internasional yang ditampilkan oleh Indonesia Dance Company (IDCO) ini, sudah pernah dihelat di Gedung Kesenian Jakarta pada akhir bulan lalu. Pagelaran tersebut pun, telah dibahas dalam Tabloid Nyata edisi 2461.

event-satu-hati-untuk-palu
Pertunjukan Swan Lake. Foto: Adi Wiratmo/Nyata

Kini giliran masyarakat kota Surabaya, yang berkesempatan menikmati pesona balet tersebut. Digelar pada Rabu (17/10) kemarin di Grand Ballroom Sheraton Hotel & Towers Surabaya, atraksi para ballerina dan ballerino dari IDCO dan Marlupi Dance Academy, berhasil memukau penonton.

event-satu-hati-untuk-palu-
Pertunjukan Le Corsaire. Foto: Adi Wiratmo/Nyata

Salah satunya adalah ketika atraksi melompat, seakan terbang memiliki sayap. Tak hanya itu. Kisah cinta romantis yang dituangkan dalam gerak tari, juga menjadi satu pesona yang membuat penonton terbuai. Terlebih, senyuman manis pasangan ballerina dan ballerino, seperti membisikkan bahwa keduanya memang sedang dilanda asmara.

event-satu-hati-untuk-palu2
Romantisnya Ballerina dan Ballerino seakan saling jatuh cinta. Foto: Adi Wiratmo/Nyata

Ada juga penampilan balerina Rebecca Alexandria Hadiprojo, yang membuat takjub para penonton. Rebecca adalah satu-satunya balerina Indonesia, yang telah memenangkan First Place Pre-Competitive Women pada event Youth American Grandprix (YAGP) 2018 di New York, Amerika Serikat.

Untuk menikmati pertunjukan spektakuler ini, memang tidak murah. Tiketnya saja dibandrol dengan harga Rp 500.000 (silver), Rp 1.000.000 (gold) dan Rp 2.500.000 (platinum).

Sebagai ‘Bonus’

Nyatanya, tarian ballet ini hanyalah bonus. Pertunjukan tersebut merupakan bagian dari pagelaran SATU HATI for Palu-Sigi-Donggala yang digagas oleh Tabloid Nyata dan Sheraton Hotel & Towers Four Points by Sheraton Surabaya.

satu-hati-1
Foto: Adi Wiratmo/Nyata

Tujuannya tentu bukan untuk meraup profit bagi pertunjukan tari tersebut. Bahkan, para ballerina tidak menerima honor sepeserpun. Dari jumlah donasi yang terkumpul, yakni Rp 2.145.100.000, akan disumbangkan kepada korban bencana gempa dan tsunami di Palu, Sigi dan Dongggala. 

”Biaya acara ini semua Rp 0. Jadi, tidak ada satupun, tidak satu sen pun dari tiket, donasi maupun sponsorship yang kami ambil untuk membiayai acara ini,” ujar Nany Widjaja, CEO Nyata dan KOKI, sekaligus pencetus ide dan koordinator pagelaran SATU HATI for Palu-Sigi-Donggala.

Baca juga: Ayu Azhari Kirim Tim Dokter dari Swedia untuk Bantu Korban Palu

Hasil tersebut, nantinya akan digunakan untuk membangun Rumah Cepat Ringan untuk korban bencana. Hunian ini menjadi pilihan yang tepat untuk para korban, karena secara proses pengerjaannya sendiri, hanya membutuhkan waktu sekitar 18 jam tiap rumahnya.

”Rumahnya ini cukup layak. Berukuran 38 meter persegi. Lengkap ada kamar tidur, toilet dan listriknya. Pengalaman kami pernah membangun 1000 rumah di  Aceh. Rumah ini bisa bertahan sampai 4 tahun,” ujar Nany.

Selain dari hasil tiket dan sponsor, donasi spontanitas juga berhasil mengumpulkan Rp. 215.000.000, yang akan diberikan dalam bentuk pembangunan sebuah sekolah bagi korban bencana.

event-satu-hati-untuk-palu4
Tarian bertajuk Papua. Foto: Adi Wiratmo/Nyata

Tak hanya persembahan tari balet, para penonton sekaligus donatur juga mendapat bonus lain yaitu menikmati suara merdu penyanyi Alena Wu. Diiringi music director, Popo Fauza yang juga suaminya, Alena melantunkan lagu-lagu hits seperti Single Ladies, Xing Fu, Di Dadaku, Conga dan Yue Liang. Penampilan Alena ini sanggup memberi semangat kepada lebih dari 400 penonton yang memenuhi ballroom.

event-satu-hati-untuk-palu6
Alena Wu. Foto: Adi Wiratmo/Nyata

Baca juga: Apa Kabar Anjali Kecil di Film Kuch Kuch Hota Hai?

Di akhir acara, Alamsyah Jo. mengungkapkan harapannya agar acara amal tersebut tetap berlanjut. Menurutnya, masih terbuka kesempatan bagi para dermawan yang ingin membantu para korban bencana dengan mengirimkan donasi melalui rekening BCA 1020 340 7777 atas nama Yulianti.  

”Kami berharap antusiasme ini tidak berhenti. Dan donasi yang terkumpul akan segera kami wujudkan secara konkrit untuk membantu para korban,” ujar General Manager Sheraton Hotel & Towers, Four Points by Sheraton dan Pakuwon Golf & Family Club ini.

satu-hati-5
Acara ini pun berakhir dengan sukses. Foto: Adi Wiratmo/Nyata

SATU HATI sendiri merupakan acara tahunan yang digelar oleh Sheraton Hotel & Towers, yang selalu dikemas dalam bentuk pertunjukan seni. Demikian pula dengan SATU HATI for Palu-Sigi-Donggala yang telah digelar kali ini. Selain Tabloid Nyata sebagai penggagasnya, kesuksesan event kali ini juga didukung oleh para sponsor seperti PERMIT Jatim, IDCO, Marlupi Dance Academy, Prestige Digital Video Solution, Lasika Production, Kana Covers, SATU Portraiture, New Fanda Print dan Project Art Plus Wedding. (*/amy)