BPOM Temukan Jajanan Pasar Mengandung Zat Pemicu Kanker

WASPADA: Cone es krim, salah satu jajanan pasar yang disebut BPOM, punya kandungan zat berbahaya pemicu kanker. (Foto : Pinterest)
WASPADA: Cone

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menemukan jajanan pasar terbuat dari bahan berbahaya yang berpotensi memicu penyakit kanker.

Plt Kepala BPOM, Lucia Rizka Andalusia menyebut, bahan berbahaya pemicu kanker yang ditemukan di sejumlah jajanan pasar. Di antaranya formalin, boraks, rhodamin B, dan metanil yellow.

Umumnya, formalin kerap digunakan sebagai pengawet bahan agar tidak cepat rusak. Namun ini justru ditemukan pada jajanan pasar.

| Baca Juga : Sering Makan Ayam Goreng Krispi, Bocah di Taiwan Cuci Darah Seumur Hidup

“Ini (formalin) paling banyak. Kalau beli bakso, beli soto mi, beli mi goreng, ini mi yang warnanya kuning dan bisa awet seminggu lebih, bahkan bulanan, karena mengandung formalin,” ujar Rizka seperti dikutip dari detikHealth.

Terdapat juga pewarna rhodamin B yang telah dilarang dikarenakan bersifat karsinogenik (memicu penyakit kanker). “Cone-nya es krim yang warnanya merah ini ditemukan ada kandungan Rhodamin B. Bahaya jika dikonsumsi,” imbuh Rizka.

| Baca Juga : Rajin Olahraga Berpotensi Kena Serangan Jantung? Ini Faktanya

Selain rhodamin B, pewarna berbahaya lainnya untuk tubuh ialah metanil yellow. Metanil yellow secara umum digunakan dalam industri tekstil, cat, kertas dan kulit binatang.

Efek jangka pendek mengakibatkan mual, muntah, sakit perut, diare, panas dan rasa tidak nyaman. Untuk jangka panjang, kandungan ini dapat memicu kanker kandung kemih.

Sementara itu, penggunaan boraks juga masih banyak ditemukan, terutama untuk pembuatan kerupuk gendar atau kerupuk yang terbuat dari nasi.

Rizka menyebut, harga yang murah menjadikan pedagang kecil menggunakan bahan-bahan tambahan yang berbahaya bagi tubuh. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here