6 Oknum Bocorkan Kasus Narkoba Mendiang Lee Sun Kyun

Kasus bocornya rahasia investigasi Lee Sun Kyun: Polisi dan jurnalis terlibat (Foto: GISELA SCHOBER/GETTY IMAGE)
Kasus bocornya rahasia investigasi Lee Sun Kyun: Polisi dan jurnalis terlibat (Foto: GISELA SCHOBER/GETTY IMAGE)

Penyelidikan kasus narkoba yang melibatkan mendiang aktor Lee Sun Kyun kini masih berjalan. Bahkan sejumlah oknum yang diduga membocorkan informasi kasus ini telah diserahkan ke kejaksaan.

Di antaranya seorang polisi, penyidik, serta empat jurnalis. Mereka dituduh membocorkan rincian penyelidikan kepada publik.

Kepolisian Provinsi Gyeonggi Selatan mengungkapkan bahwa unit penyidikan kejahatan ekonomi dan anti-korupsi telah menyerahkan Polisi A dari Badan Kepolisian Metropolitan Incheon ke kejaksaan. Pada saat yang sama, Penyidik B dari Kantor Kejaksaan Distrik Incheon juga diserahkan ke kejaksaan.

Kedua onum ini diduga melanggar Undang-Undang Perlindungan Informasi Pribadi dan membocorkan rahasia resmi.

| Baca Juga : Film Terakhir Mendiang Lee Sun Kyun Akhirnya Rilis Jadwal Tayang

Polisi A diduga membocorkan laporan yang berisi rincian kasus narkoba Lee Sun Kyun. Laporan yang diajukan pada 18 Oktober 2023 ini mengandung informasi pribadi seperti nama, identitas, pekerjaan, dan catatan kriminal individu terkait.

Ditambah, Polisi A, yang sebenarnya tidak bekerja di unit tersebut, memperoleh informasi tersebut secara ilegal.

Sementara itu, empat jurnalis yang menerima informasi pribadi secara langsung maupun tidak langsung juga menghadapi tuntutan dengan pasal yang sama. Para oknum jurnalis ini menerima laporan tersebut dari Polisi A dan mengonfirmasi pemberitaan tersebut.

Di sisi lain, Penyelidik B dari Kantor Kejaksaan Distrik Incheon diduga memberi tahu seorang wartawan surat kabar melalui telepon bahwa Lee Sun Kyun sedang dalam penyelidikan polisi. Media tersebut kemudian melaporkan secara eksklusif pada 19 Oktober tahun lalu dengan judul “Bintang Top L dalam Penyidikan Atas Tuduhan Narkoba”.

| Baca Juga : Sinopsis Project Silence, Film Terakhir Mendiang Lee Sun Kyun

Kasus ini pun mulai diusut setelah adanya permintaan penyelidikan atas kebocoran informasi yang tidak sah dari komunitas film Korea.

Sementara itu, Lee Sun Kyun diperiksa oleh polisi pada Oktober tahun lalu atas tuduhan penggunaan narkoba. Setelah dipanggil tiga kali untuk penyelidikan, ia ditemukan meninggal di Taman Waryong, Jongno-gu, Seoul pada 27 Desember tahun lalu. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here