1 Laki-laki 4 Perempuan, Ibu di Indramayu Lahirkan Bayi Kembar Lima

Seorang ibu di Indramayu, Jawa Barat, melahirkan bayi kembar lima dengan selamat. Foto : Instagram/rsudkabindramayu
Seorang ibu di Indramayu, Jawa Barat, melahirkan bayi kembar lima dengan selamat. Foto : Instagram/rsudkabindramayu

Seorang ibu di Indramayu melahirkan bayi kembar lima. Kelima bayi itu lahir tepat pada tanggal cantik, Minggu (7/7/2024). Momen ini pertama kali terjadi di Kabupaten tersebut.

Kelima bayi itu lahir dari kandungan Nuraeni, warga Desa Bodas, Kecamatan Tukdana, Kabupaten Indramayu. Bayi kembar lima itu terdiri dari 4 perempuan dan satu laki-laki.

Nuraeni melahirkan melalui operasi caesar dipimpin oleh tim dokter obgyn dan tim bedah RSUD Indramayu. Dia dan lima anaknya dalam kondisi sehat usai menjalani proses persalinan.

| Baca Juga : Rumah Terbakar, Satu Keluarga Tewas Terjebak di Kamar Mandi

Kelima bayi itu memiliki berat badan yang bervariasi. Bayi pertama sekitar 1.950 gram, yang kedua seberat 1.750 gram, yang ketiga 1.250 gram, dan yang keempat 1.600 gram.

Empat bayi itu berjenis kelamin perempuan. Adapun anak terakhir laki-laki, beratnya sekitar 1.900 gram.

Salah satu dokter obgyn yang menangani operasi tersebut, dr. Siswono, Sp.OG, mengatakan proses persalinan membutuhkan persiapan yang matang dan koordinasi yang baik dari seluruh tim.

“Kami merasa sangat bersyukur dan bangga dapat membantu proses persalinan ini dengan sukses. Kondisi ibu dan kelima bayi stabil dan mereka dalam pemantauan ketat untuk memastikan semuanya berjalan dengan baik,” ujar dr. Siswono.

| Baca Juga : Kisah Unik Lenny Maughan, Pelukis dengan Berlari

Sementara, Direktur RSUD Indramayu, Deden Bonni Koswara, mengatakan saat diperiksa, tim medis melihat hanya ada 4 bayi dalam kandungan Nuraeni.

“Pada saat pemeriksaan di USG tampak ada empat (bayi) mulanya. Kemudian si ibu ini pada pukul 15.30 WIB keluar air-air ya atau cairan ketuban,” jelasnya.

Melihat kondisi itu, tim medis kemudian menyarankan untuk dilakukan tindakan operasi caesar. “Atas advice dokter Siswono dan hasil konsultasi teman-teman untuk dilakukan segera caesar, operasi,” ujarnya.

| Baca Juga : Mahasiswi di Tiongkok Meninggal Dalam Kondisi Hamil, Diduga Salah Diagnosis

Hampir selama satu jam, Nuraeni berjuang untuk melahirkan anak keduanya. Setelah dilakukan operasi ternyata, dalam kandungan Nuraeni terdapat lima bayi.

“Operasi pada jam 18.44 WIB, selesai jam 19.45 WIB. Didapatkan ternyata ada lima bayi hasil operasi tersebut,” ucap Deden.

Usia kandungan Nuraeni sejatinya baru menginjak 34 minggu, tapi Nuraeni harus segera menjalani persalinan karena sudah terdapat rembesan air ketuban. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here