Kerap Dicibir Netizen, Tretan Muslim Akui Tak Ada Niat Singgung Agama

Tretan Muslim. (Foto: Instagram/tretanmuslim)
Tretan Muslim. (Foto: Instagram/tretanmuslim)

Komika sekaligus content creator, Tretan Muslim kerap dicibir netizen lantaran kontennya dianggap kontroversial. Sebab, tretan sendiri cukup dikenal dengan konten-kontennya yang banyak membahas agama hingga kaum disabilitas.

Menanggapi cibiran warganet tersebut, Tretan Muslim mengakui bahwa dia tidak memiliki niatan untuk menyinggung banyak pihak dalam kontennya, terkhusus konten yang membahas agama.

Pria berusia 33 tahun tersebut mengakui bahwa, konten yang dia buat murni datang dari keresahannya. “Enggak mungkin kita sengaja buat konten untuk menyerang orang. Kayak aku ingin menistakan agama. Enggak mungkin. Semua itu hanyalah keresahan kita yang mungkin ternyata orang enggak terima. Tapi bukan berarti kita memperolok agama,” ucapnya dalam kanal YouTube Kaks Production.

| Baca Juga: Sule Pastikan Mahalini Pindah Agama Jelang Nikah dengan Rizky Febian

Tretan juga menceritakan pengalamannya mengenai cara anak kecil ketika hendak membangunkan sahur ketika Ramadan. Dia mengklaim bahwa, konten tersebut dia buat karena keresahan temannya yang merupakan seorang non muslim dan memiliki anak kecil terganggu dengan suara bising anak-anak yang membangunkan sahur.

“Itu aku sebel sih. Misalnya aku pernah posting soal anak kecil kalau sahur bangunin orang dengan berisik. Temen aku itu ada non muslim punya anak kecil (dan terganggu),” ucap Tretan. 

Dalam podcast yang dipandu komika Mamat Alkatiri dan Ari Kriting tersebut, Tretan menampik bahwa konten yang dia buat bertujuan untuk menghina puasa dan sahur.

Tretan kemudian menjelaskan bahwa, keresahannya ditunjukan terhadap perilaku yang kerap terjadi ketika bulan Ramadan. Menurutnya, ketika seseorang sedang menjalankan ibadah puasa, maka mereka harus menghormati lingkungan sekitar.

“Pas aku posting, bukan aku menjelekkan puasa dan sahurnya, tapi kelakuan orang yang berisik ini yang harusnya ditindak. Itu juga bukan ajaran agama. Harusnya puasa kan menghormati, kenapa malah berisik gitu. Kalau aku ngomong gitu, orang pasti banyak yang kaget dan menyangka aku sering menyerang agama Islam,” sambungnya.

| Baca Juga: 5 Pasangan Seleb yang Siap Menikah Meski Beda Agama

Tretan bahkan mengungkapkan bahwa, dirinya kerap merasa sedih terutama ketika membahas hal yang berkaitan dengan agama khususnya Islam. Dia mengaku kerap mendapat cibiran lantaran kerap membela kepentingan agama lain dibandingkan agamanya sendiri sebagai sesama muslim.

“Aku sedihnya karena orang jadi salah paham terutama yang bahas agama. Misalnya aku sering kontenin membela pembangunan gereja. Orang tuh pada nyalahin aku ngebelain umat Kristen terus. Nyerang Islam dan belain Kristen. Lebih sedih lagi yang nyerang itu sesama Islam dan sesama Madura. Kamu tuh malu-maluin orang Madura katanya. Itu aku sedih karena maksudku itu enggak begitu,” ujarnya.

“Bahkan ada yang lebih absurd (aneh) lagi bilang kalau aku enggak jualan agama aku enggak makan. Ada juga yang bilang ini orang sering belain kristen kayaknya dapat duit deh dari pendeta-pendeta,” sambung Tretan Muslim. (*) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here