Dua Miss USA Undur Diri, Kontroversi Kontes Kecantikan di AS

UNDUR DIRI: Miss USA 2023 Noelia Voigt dan Miss Teen USA 2023 UmaSofia Srivastava. (Foto: Getty Images/Fox)
UNDUR DIRI: Miss USA 2023 Noelia Voigt dan Miss Teen USA 2023 UmaSofia Srivastava. (Foto: Getty Images/Fox)

Pemegang gelar Miss USA 2023, Noelia Voigt bersumpah untuk ‘tidak pernah mengkompromikan’ masalah kesehatan fisik dan mentalnya. Hal itu diungkapkan lewat akun Instagram pribadinya pada Senin (6/5) lalu.

Pada hari itu juga, Noelia mengundurkan diri dari gelarnya untuk fokus pada kesehatan mentalnya. Dua hari kemudian (8/5), pengunduran diri disusul oleh UmaSofia Srivastava selaku pemenang Miss Teen USA 2023. Alasannya juga sama.

Dua pemenang Miss USA tersebut mengejutkan publik karena tiba-tiba melepaskan gelar dan menyerahkan mahkotanya. Alasan undur diri tersebut juga sama. Yakni karena kesehatan mental. Hal ini tentu menjadi evaluasi besar bagi pelaksanaan kontes kecantikan di Amerika Serikat (AS).

| Baca Juga: Lompat dari Gedung Tinggi, Miss USA 2019 Cheslie Kryst Meninggal di Usia 30

Dilihat dari unggahannya di Instagram, Noelia Voigt mengaku mendapatkan mahkota Miss USA pada bulan September 2023. Dia pun harus rela melepaskan gelar tersebut.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Noelia Voigt (@noeliavoigt)

“Sebagai individu, kita tumbuh dengan mengalami berbagai hal dalam hidup yang menuntun kita untuk belajar lebih banyak tentang diri kita sendiri. Perjalanan saya sebagai Miss USA sangat berarti, mewakili Utah dengan bangga, dan kemudian Amerika Serikat di Miss Universe,” tuturnya.

“Sedihnya, saya telah mengambil keputusan yang sangat sulit untuk mengundurkan diri dari gelar Miss USA 2023,” sambungnya.

Belum jelas alasan pengunduran diri Noelia. Namun sebagai wanita Venezuela-Amerika pertama yang memenangkan Miss USA, dia pernah mengutarakan untuk terus memperjuangkan anti-intimidasi dan cegah kekerasan.

“Jauh di lubuk hati saya tahu bahwa ini hanyalah permulaan babak baru bagi saya, dan harapan saya adalah terus menginspirasi orang lain untuk tetap tabah, memprioritaskan kesehatan mental, mengadvokasi diri sendiri dan orang lain,” tulis Voigt.

| Baca Juga: Begini Nasib Fabienne Nicole, Usai Lisensi Miss Universe Indonesia Dicabut

Sama halnya dengan UmaSofia Srivastava. Miss Teen USA 2023 itu juga mengundurkan diri. Ratu kontes berusia 17 tahun itu mengakui dalam sebuah postingan yang dibagikan di media sosial bahwa dia bergulat dengan keputusan tersebut selama berbulan-bulan sebelum membuat pilihan untuk mengundurkan diri dari gelar tersebut.

UmaSofia Srivastava saat memenangkan Miss Teen USA 2023. (Foto: Instagram/umasofias)
UmaSofia Srivastava saat memenangkan Miss Teen USA 2023. (Foto: Instagram/umasofias)

Setelah mempertimbangkan dengan cermat, saya memutuskan untuk mengundurkan diri karena saya menyadari bahwa nilai-nilai pribadi saya tidak lagi sejalan dengan arah organisasi,” tulisnya di Instagram.

“Namun, saya akan melanjutkan advokasi saya yang tiada henti untuk pendidikan dan penerimaan, dengan buku anak-anak multi-bahasa saya The White Jaguar dan dengan organisasi tempat saya bekerja jauh sebelum saya mulai berkompetisi, yaitu The Lotus Petal Foundation dan the Yayasan Jembatan Buku,” lanjutnya.

Dihimpun dari berbagai sumber, dalam beberapa tahun terakhir ajang kontes kecantikan di AS menuai banyak kontroversi dan skandal. Banyak tuduhan perlakuan istimewa terhadap beberapa peserta Miss USA.

| Baca Juga: Selebgram Cantik Ditembak Mati Usai Unggah Story Makan Siang

Penyelenggara kontes Miss USA menyebut klaim tersebut tidak berdasar, namun presidennya yang juga mantan pemegang gelar, Crystle Stewart mengundurkan diri.

Noelia Voigt adalah wanita Venezuela-Amerika pertama yang memenangkan Miss USA 2023. (Foto: Getty/Fox)
Noelia Voigt adalah wanita Venezuela-Amerika pertama yang memenangkan Miss USA 2023. (Foto: Getty/Fox)

Suaminya Max Sebrechts, yang merupakan wakil presiden organisasi tersebut, keluar di tengah rentetan tuduhan adanya pelecehan seksual. Pengunduran diri Noelia menandai pertama kalinya pemegang gelar Miss USA mengundurkan diri dari posisinya sejak dimulainya kontes tersebut dengan alasan apa pun selain dinobatkan sebagai Miss Universe.

Cheslie Kryst, yang dinobatkan sebagai Miss USA pada tahun 2019, meninggal karena bunuh diri pada awal tahun 2022. Dalam memoarnya, yang diterbitkan secara anumerta bulan lalu dan dalam kutipan dari majalah People, dia menulis tentang “ketidakamanan jangka panjang” yang kembali mengemuka setelah memenangkan gelar tersebut dan mengalami pelecehan online. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here