7 Tradisi Rayakan Tahun Baru Imlek di Berbagai Negara

Foto: Dok. Pexels/David Henry

Tahun Baru Imlek menjadi salah satu perayaan yang paling ditunggu masyarakat Tionghoa di seluruh dunia. Untuk tahun ini, perayaan Imlek jatuh pada tanggal 10 Februari 2024.

Pada tahun ini, Tahun Baru Imlek 2575 Kongzili bertepatan dengan Shio Naga, tepatnya tahun Naga Kayu. Untuk merayakan Tahun Baru Imlek, beberapa negara di dunia memiliki tradisinya sendiri. Seperti apa? Simak sebagai berikut.

1. Singapura – Chingay

Setiap Tahun Baru Imlek, Singapura selalu menyelenggarakan parade besar-besaran yang disebut Chingay. Acara ini diiringi dengan musik, dan arak-arakan kendaraan hias yang memukau. Setiap pejalan kaki biasanya memakai kostum warna-warni, untuk memeriahkan suasana. Puncak acara ini ialah pertunjukan kembang api.

Baca Juga: Setelah 1.250 Tahun, Jepang Izinkan Wanita Ikut Festival Pria Bugil

2. New York – Festival Kembang Api

Bila ingin melihat festival kembang api terbesar, maka perayaan Imlek di New York menjadi salah satunya. Masyarakat Tionghoa telah menyiapkan lebih dari 600.000 kembang api yang siap menghiasai langit kota New York di hari Imlek.

Warga New York akan pergi ke Sara D. Roosevalt Park setiap tahunnya, untuk melihat pertunjukan kembang api itu. Hal ini dipercaya bisa mengusir roh-roh jahat di seluruh penjuru kota. Terdapat pula atraksi barongsai di Chinatown.

3. Seoul – Fortune Party

Selama Tahun Baru Imlek, kota Seoul menjadi sepi karena banyak dari warganya yang pulang kampung ke daerah asal. Warga Seoul memiliki tradisi untuk merayakan Imlek, dengan cara mengadakan pesta keberuntungan. Pengunjung nantinya bebas bermain dan menikmati musik serta pertunjukan tradisional. Salah satu tradisinya adalah daljiptaeugi (ritual pembakaran untuk meminta hasil panen yang baik) dan menikmati tteokguk (sup dari kue beras) bersama keluarga.

4. Los Angeles – Golden Dragon Parade

Parade ini menjadi salah satu perayaan bersejarah di Los Angeles. Menampilkan kendaraan hias, marching band, kostum khas Imlek dan tempat berkumpulnya warga Los Angeles keturunan Tionghoa yang berusia lebih dari 100 tahun.

5. Vancouver – Spring Festival Parade

Parade ini menandai Tahun Baru Imlek di Vancouver. Biasanya ada pawai besar yang dihadiri oleh 3.000 orang dari berbagai komunitas di Kanada. Ribuan orang biasanya berjalan dari Millenium Gate ke Chinatown. Mereka akan dimanjakan dengan aksi barongsai, tarian tradisional dan pertunjukan bela diri.

Baca Juga: Lestarikan Warisan Budaya, Festival Tenun Songket Nusantara Siap Digelar

6. Kuala Lumpur – Thean Hou Temple

Ratusan lentera berwarna merah, akan menghiasai kuil terbesar dan tertua di Malaysia. Biasanya, perayaan Imlek di Kuil Thean Hou menarik ribuan orang untuk mengunjungi festival, yang penuh dengan pertunjukan dan makanan khas Tionghoa.

7. London – Perayaan di Trafalgar Square

Perayaan Tahun Baru Imlek di London, bisa dikatakan sebagai perayaan terbesar di luar Asia. Perayaan ini berlangsung selama seharian penuh, dimulai dari West End dan Chinatown, sebelum akhirnya berakhir di Trafalgar Square. Ada pertunjukan tari tradisional, musik, bela diri dan tentu saja jajanan kaki lima yang menggugah selera. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here