10 Tips Hidup Sehat untuk Hindari Disfungsi Ereksi

0
49
Disfungsi ereksi
Foto: Catur/Nyata

Lebih baik mencegah daripada mengobati. Begitupula untuk masalah disfungsi ereksi. Dalam beberapa kasus, disfungsi ereksi dapat terjadi karena masalah kesehatan, seperti penyakit jantung, diabetes, tekanan darah tinggi, kardiovaskular.

Oleh karena itu dr. Susanto Suryaatmadja MS, Sp.And mempunyai 10 tips, untuk menjaga kesehatan tubuh. Terutama menghindari faktor penyebab terjadinya disfungsi ereksi. Apa saja tipsnya?

1. Olahraga setiap hari

Untuk memperoleh tubuh yang sehat, tentu tak lepas dari aktifitas olahraga. Paling tidak dalam satu hari bisa membakar 300 kalori. Hal itu bisa diperoleh dari rutin berjalan kaki selama satu jam.

2. Makan sebelum lapar, berhenti sebelum kenyang

Dalam kondisi lapar, fungsi otak akan terganggu karena tidak mendapat asupan nutrisi. Menahan lapar juga akan membuat seseorang merasa kelelahan, pusing, dan mengantuk. Kondisi yang demikian dapat memicu berbagai penyakit, menurunkan sistem kekebalan tubuh, dan detak jantung menjadi tidak teratur.

Baca juga: 6 Mitos dan Fakta Disfungsi Ereksi yang Perlu Diketahui

Sedangkan jika kondisi perut terlalu penuh, proses pencernaan akan mengalami gangguan, karena tidak bekerja secara optimal. Makan yang berlebihan juga rentan membuat kadar gula darah melonjak, serta menyebabkan obesitas.

3. Waktu tidur cukup

Tidur adalah obat yang sering dianjurkan oleh para dokter. Apapun penyakitnya, dokter akan memberikan obat sekaligus menyarankan pasien untuk beristirahat.

Sebaliknya, kurang tidur dapat meningkatkan risiko terkena penyakit yang serius, seperti sakit jantung, obesitas, hingga kematian dini. Dalam hal ini dibutuhkan manajemen waktu, agar dapat memperoleh kualitas tidur yang baik, yaitu delapan jam dalam satu hari.

4. Hati gembira adalah obat

Hati yang gembira akan jauh dari rasa tegang, apalagi stres. Karena rasa bahagia itu dapat meningkatkan hormon endorfin dan meningkatkan suasana hati.

5. Tidak merokok dan minum alkohol

Kandungan nikotin dalam rokok dapat memicu penyempitan pembuluh darah, serta meningkatkan tekanan darah, atau yang biasa kita sebut sebagai hipertensi.

Hal yang sama juga terjadi bagi mereka yang mengonsumsi alkohol. Bahkan dalam kurun waktu tertentu, kebiasaan ini berdampak pula pada rusaknya pembuluh darah serta organ lainnya.

Sebagaimana pada artikel sebelumnya, hipertensi sendiri termasuk salah satu faktor penyebab disfungsi ereksi.

6. Dengarkan musik

Selain meningkatkan suasana hati, ternyata kebiasaan mendengarkan musik juga berguna bagi kesehatan, karena dapat menghasilkan hormon endorfin dan oksitosin.

Maka salah besar bagi mereka yang menganggap bahwa oksitosin hanya bisa didapat lewat hubungan intim saja.

7. General check up

Demi selalu menjaga kesehatan, ada baiknya memeriksa kesehatan secara rutin. Paling tidak, tiga sampai enam bulan sekali lakukan pemeriksaan tekanan darah, gula darah, asam urat dan kolestrol. Sedangkan untuk general check up bisa dilakukan setahun sekali.

8. Jangan minum sembarang obat

Meminum sembarang obat dapat berpotensi memicu penyakit yang lain. Oleh karena itu dibutuhkan konsultasi ke dokter, agar obat yang dikonsumsi sesuai dengan yang dibutuhkan oleh tubuh.

9. Rutin berhubungan intim

Melakukan hubungan intim menjadi salah satu cara untuk meraih relaksasi, dan melupakan segala permasalahan yang ada. Sebaiknya dilakukan secara rutin, minimal satu kali dalam seminggu.

10. Bersyukur

Setelah semua usaha yang dilakukan, langkah terakhir yaitu selalu bersyukur. (*)