Riwayat Kesehatan Ratu Elizabeth II Sebelum Meninggal Dunia

Foto: Dok. AP Photo

Kabar duka datang dari Kerajaan Inggris. Ratu Elizabeth II meninggal dunia di usianya yang ke-96 tahun pada Kamis (8/9) waktu setempat. Sang Ratu menghembuskan nafas terakhirnya di Istana Balmoral, Skotlandia, dikelilingi oleh keluarga kerajaan.  

Hal tersebut telah dikonfirmasi oleh pihak kerajaan dalam pernyataan resmi, “Sang Ratu telah meninggal dengan damai di Balmoral sore ini.”

|Baca Juga: Kembali Batalkan Acara, Kesehatan Ratu Elizabeth Bikin Khawatir

Hingga kini, belum ada pernyataan resmi mengenai penyebab kematian Ratu yang telah memimpin selama 70 tahun tersebut. Namun, ia telah mengalami situasi kesehatan yang buruk beberapa tahun belakangan. Bahkan dokter pribadinya telah menyarankan sang Ratu untuk berada dalam pantauan medis. 

Ratu Elizabeth II diketahui menderita ‘masalah mobilitas episodik’, seperti apa yang disebut oleh Istana Buckingham. Oleh karena itu, ibu dari Pangeran Charles tersebut terpaksa harus mengurangi keterlibatannya dalam beberapa acara dan kunjungan resmi kerajaan. 

Masalah kesehatan sang Ratu mulai mencuat ketika ia tampil dengan tongkat pada Oktober 2021. Kemudian, ia diketahui sedang menjalani perawatan di Rumah Sakit King Edward VII tanpa sebab yang jelas. 

Ratu Elizabeth II juga tidak menghadiri beberapa acara penting seperti pertemuan Cop26 yang berlangsung di Skotlandia pada November 2021. Hal ini mengundang kekhawatiran publik mengenai kesehatan sang Ratu. 

Di bulan dan tahun yang sama, mertua dari Kate Middleton juga sempat dikabarkan mengalami cedera punggung. Karena punggungnya yang terkilir itu, ia harus absen dalam acara Rememberance Day Service yang diadakan secara tahunan.  

|Baca Juga: Lagi-Lagi Pangeran Harry dan Meghan Markle Tak Bisa Bertemu Ratu Elizabeth

Beberapa bulan sejak ketidakhadiran ratu dalam acara itu, ia dikonfirmasi positif COVID-19 pada Februari 2022. Istri dari Pangeran Philip itu diketahui terkena gejala ‘mild cold-like symptoms’, padahal ia telah suntik vaksin sebanyak tiga kali. 

Puncak spekulasi mengenai kesehatan Ratu Elizabeth II terjadi saat absennya sang ratu dalam pembukaan tahunan Parlemen Inggris. Istana Buckingham menginformasikan kepada publik bahwa Ratu terus menderita ‘masalah mobilitas episodik’. Sebagai gantinya, Pangeran Charles membacakan pidato kerajaan atas nama sang Ibu dalam acara tersebut. 

The London bridge is down. Rest in peace, Queen Elizabeth II. *mir/ika

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here