Ribuan Orang Antri Demi Melihat Peti Jenazah Ratu Elizabeth II

Ribuan orang terlihat mengantri demi bisa melihat peti jenazah Ratu Elizabeth yang berada di Katedral St. Giles, Skotlandia, sejak Senin (12/9) lalu. Mereka tidak mau menyia-nyiakan kesempatan untuk memberi penghormatan terakhir untuk Ratu mereka tercinta itu. 

Antrian untuk memasuki katedral itu terlihat panjang. Bahkan, menurut BBC, terdapat 20 ribu orang yang rela mengantre demi bisa melihat Ratu Elizabeth II untuk terakhir kalinya. 

Ada yang mengantre dari jam 7 pagi dan ada juga yang jauh-jauh datang beratus-ratus ribu kilometer dari Kota Edinburgh. 

Foto: Dok. Katielee Arrowsmith/SWNS
Foto: Dok. AP

|Baca Juga: Banjir Air Mata, Ribuan Orang Iringi Peti Jenazah Ratu Elizabeth Keluar dari Kastil Balmoral

Banyak dari mereka yang sampai bermalam untuk bisa mendapatkan kesempatan itu. Tak jarang ada pemandangan orang yang tidur di kursi-kursi yang tersedia di sekitar katedral, membawa tenda dan kursi kemah, atau bahkan tidak tidur sama sekali.

Salah satu pelayat mengatakan, “Jika dia bisa (memimpin) 70 tahun, aku bisa (menunggu) 15 jam.”.

Seperti Sharon Baum (53) dan pasangannya, Alison Evans (50), yang telah mengantre selama 11 jam. Melalui DailyMail, mereka bercerita tentang pengalaman mereka yang telah memberikan penghormatan terakhir untuk Ratu Elizabeth II.  

“Ini sungguh tenang, damai, dan khidmat. Kami sangat beruntung untuk bisa melihat prosesi ini. Kami merasa seperti sedikit terlibat dari sejarah ini,” ungkap Sharon.

“Aku mendoakannya dan menundukkan kepalaku. Kami bisa saja tetap di sana lebih lama. Tidak ada orang yang membuat kami tergesa-gesa, tetapi banyak orang yang menunggu. Salah satu pengalaman yang tak terlupakan dan paling sedih. Aku akan mengingatnya sampai akhir hayatku,” lanjutnya.

|Baca Juga: Ratu Elizabeth Meninggal Dunia, Tangisan Rakyat Inggris Pecah di Depan Buckingham Palace

Para pelayat banyak yang menangis dan saling menguatkan satu sama lain. Mereka merasa kehilangan atas kepergian Ratu yang telah bertakhta selama 70 tahun itu. 

Foto: Dok. Reuters
Suasana di dalam Katedral. Foto: Dok. Reuters

Peti mati Ratu Elizabeth II akan diterbangkan ke London pada Selasa (13/9) waktu setempat. Ia akan dimakamkan pada Senin (19/9) di Kapel St. George, Kastil Windsor. Di kastil tersebut, ia beristirahat terakhir kalinya bersama suaminya, Pangeran Philip, Raja George VI, Ibu Suri Elizabeth, dan Putri Margaret. *mir/ika

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here