Ratu Elizabeth II Wafat, Inilah Urutan Pewaris Kerajaan Inggris Terbaru

Kabar duka lagi-lagi menyelimuti Kerajaan Inggris. Setelah kepergian Pangeran Philip pada April 2021 lalu, kali ini sang Ratu menyusul kepergiannya pada Kamis (8/9) lalu.

Ratu Elizabeth II meninggal dengan damai di usia ke-96 tahun pukul 18.40 waktu setempat. Kematiannya diumumkan melalui pernyataan resmi akun media sosial keluarga kerajaan. Menyusul berita tersebut, Charles, yang kini menjadi raja, membuat pernyataan publik pertama kali mengenai kabar meninggalnya sang ibunda.

“Kematian ibuku tercinta, Yang Mulia Ratu, adalah momen kesedihan terbesar bagi saya dan semua anggota keluarga saya,” kata raja baru.

Baca Juga: Pangeran Harry Melayat Tanpa Ditemani Meghan Markle

Ratu Elizabeth II, menjadi wanita keenam yang naik takhta Inggris pada Februari 1952, setelah kematian ayahnya, Raja George VI. Dia adalah Ratu yang paling lama memerintah dalam sejarah Inggris, melayani selama lebih dari 70 tahun.

Charles, putra tertua Ratu, segera naik tahta sebagai Raja. Hal itu kemudian menempatkan putra sulungnya, William, di urutan pertama takhta. Dilansir dari CNN, beginilah garis pewaris keturunan Kerajaan Inggris sekarang, Simak terus ya!

Foto: Dok. CNN dan Getty Images
  1. Prince William, Duke Of Cornwall
pangeran william kidal
Foto: Popsugar

William, Duke of Cornwall adalah pewaris takhta pertama dalam kerajaan Inggris. Dia telah mencapai gelar pendidikan tertinggi yaitu Master of Arts atau Pascasarjana dari semua anggota keluarga kerajaan. Dia bertugas di militer dari 2006 hingga 2013, berpartisipasi lebih dari 150 operasi pencarian dan penyelamatan menggunakan helikopter.

Pangeran William banyak dicintai oleh rakyat Inggris bersama istrinya, Kate Middleton. Kedua pasangan itu telah dikaruniai tiga anak, Pangeran George sebagai anak sulung, Putri Charlotte anak kedua, dan anak bungsu Pangeran Louis. 

  1. Pangeran George
Foto: Dok. WireImage

Garis suksesi akan bergeser dari dua pangeran, William dan Harry saat memiliki keluarga dan anak masing-masing. 

Jika semuanya berjalan sesuai rencana dan dia menjadi raja setelah masa pemerintahan kakeknya Pangeran Charles dan ayahnya Pangeran William, George yang sekarang berada di urutan kedua — akan menjadi raja ke-43 sejak William The Conqueror

  1. Putri Charlotte
Foto: Dok. Duchess Of Sussex

Charlotte berada di urutan ketiga dalam garis suksesi takhta Inggris, setelah ayahnya, dan kakak laki-lakinya. Ia adalah Putri Inggris pertama yang memiliki peringkat di atas saudara laki-lakinya dalam garis suksesi.

  1. Pangeran Louis
Foto: Dok. Duchess of Cambridge

Pangeran Louis, pewaris keempat, Ia lahir hanya beberapa minggu sebelum pernikahan 2018 Pangeran Harry dan Meghan.

  1. Pangeran Harry, Duke of Sussex
Foto: Dok. Getty Images

Kelima di garis takhta, Pangeran Harry juga dilatih di militer. Pada tahun 2008, Kementerian Pertahanan Inggris mengumumkan bahwa Harry diam-diam telah bertugas di Afghanistan dengan unit Angkatan Daratnya dalam misi empat bulan sejak Desember 2007. Harry kini singgah di California bersama sang istri, Meghan.

  1. Archie Harrison Mountbatten-Windsor
Foto: Dok. Toby Melville

Dalam masyarakat Inggris, bayi Archie membuat sejarah dengan menjadi anak Inggris biracial pertama dalam keluarga kerajaan. 

  1. Lilibet Diana Mountbatten-Windsor
Foto: Dok. RoyalSussex

| Baca Juga: Akhirnya Pangeran Charles Jadi Raja. Ini Gelarnya!

Ketujuh dalam garis takhta, cicit ke-11 Ratu adalah bangsawan paling senior dalam garis suksesi yang lahir di luar negeri. Lilibet “Lili” Diana Mountbatten-Windsor lahir di Santa Barbara, California, pada Juni 2021 menyusul keputusan orang tuanya, Harry dan Meghan, untuk mundur dari kehidupan kerajaan di Inggris dan pindah ke Amerika. *han/ika

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here