Rahasia Dibalik Perhiasan Mutiara yang Dipakai Wanita Kerajaan Inggris Saat Berkabung

Foto: Dok. Reuters/GettyImages

Britania Raya kini dalam masa berkabung, meninggalnya Ratu Elizabeth di usianya yang ke-96 masih membuat publik terkejut.

Masyarakat Inggris banyak yang terlihat memakai pakaian hitam sebagai tanda belasungkawa. Hal itu juga dilakukan oleh para anggota kerajaan dalam beberapa hari ke depan.

Beberapa bangsawan mulai menampakkan dirinya ke publik, terutama Raja Charles yang langsung menemui rakyatnya di depan Istana Buckingham pada Jumat (9/9) lalu.

Saat itu, Raja Charles ditemani oleh sang istri Camilla. Permaisuri baru itu tampil sederhana memakai dress warna hitam dengan tambahan perhiasan kalung dan anting mutiara. Sang menantu, Kate Middleton di lain kesempatan juga memakai baju berwarna hitam dengan anting mutiara.

Camilla dan Kate memakai perhiasan dari mutiara bukan tanpa alasan. Mereka justru menggunakan itu untuk sesuatu hal yang sangat penting.

Mutiara putih adalah perhiasan resmi yang harus dipakai oleh wanita bangsawan Inggris saat masa berkabung. Mutiara sering disebut sebagai “perhiasan duka”, dan hal ini sudah ada dari masa pemerintahan Ratu Victoria.

|Baca Juga: Upacara Penghormatan Terakhir untuk Ratu Elizabeth II di Katedral St. Giles

Foto: Dok.  JIM BENNETT/TheSun

Setelah kematian suaminya Pangeran Albert, Ratu Victoria yang berduka mengenakan pakaian hitam selama 40 tahun sebagai tanda penghormatan.

Satu-satunya perhiasan yang dikenakannya saat memakai baju warna hitam adalah mutiara. Dilansir dari The Telegraph, mutiara adalah simbol air mata.

|Baca Juga: Kembali Bersatu, Hubungan William-Kate dan Harry-Meghan Ternyata Masih Dingin

Tradisi itu terus berlanjut di keluarga Kerajaan Inggris selama bertahun-tahun, termasuk saat pemakaman Pangeran Philip pada April 2021 lalu.

Waktu itu, Kate terlihat mengenakan kaLung choker mutiara yang unik dan kemudian dipasangkan dengan anting bahrain diamond dan pearl drop. Sementara itu, Ratu memberikan penghormatan kepada suaminya memakai kalung mutiara tiga untai dan anting-anting yang serasi.

Yang Mulia juga mengenakan mutiara saat pemakaman Putri Diana, Putri Margaret dan Raja George VI.

“Mutiara adalah tradisional untuk Ratu kembali seribu tahun. Tidak pernah ada Ratu yang tidak memakai mutiara. Mereka langka, indah dan berkilau. Semakin anda memakainya maka akan semakin berkilau mereka,” kata Leslie Field, penulis The Queen’s Jewels kepada People.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here