Pesan Haru Putri Anne untuk Mendiang Ratu Elizabeth II

Foto: Dok. Samir Hussein / WireImage via Getty Images

Putri Anne merupakan salah satu orang yang sangat terpukul dengan meninggalnya Ratu Elizabeth II. Menjadi anak perempuan satu-satunya membuat dirinya mempunyai ikatan kuat dengan sang Ibu. 

Dalam pernyataan resmi yang dirilis kerajaan, Princess Royal itu mengaku bahwa ia bersyukur bisa berada di sisi ibunya saat detik-detik terakhir. Ia bersama kakaknya, Raja Charles III, hanyalah dua anggota senior yang berada di samping Ratu sebelum wafat. 

|Baca Juga: Upacara Penghormatan untuk Ratu Elizabeth II di Katedral St. Giles

“Saya beruntung dapat berbagi 24 jam terakhir kehidupan ibuku tercinta. Ini merupakan sebuah kehormatan dan keistimewaan untuk menemaninya dalam perjalan terakhirnya. Menyaksikan cinta dan hormat dari banyak orang dalam perjalanan ini telah menyentuh hati dan membangkitkan semangat,” tulisnya dalam website kerajaan pada Selasa (13/9) lalu. 

“Kami akan membagikan semua kenangan unik. Kami berterima kasih kepada semua orang yang telah berbagi rasa kehilangan kami,” lanjutnya. 

Momen Ratu Elizabeth bersama Putri Anne dan anak Anne, Peter Phillips, di tahun 1977. Foto: Dok. Getty

Putri Anne juga berterima kasih atas dukungan masyarakat kepada Raja Charles III yang saat ini menggantikan peran Ratu Elizabeth II. Selanjutnya, ia berterima kasih atas peran Ratu kepada dirinya maupun masyarakat luas semasa hidupnya. 

“Mungkin kita sudah diingatkan betapa banyak kehadiran dan kontribusinya terhadap identitas nasional yang kita terima begitu saja. Saya juga sangat bersyukur terhadap dukungan dan pengertian yang telah diberikan kepada saudaraku, Charles, yang menerima tanggung jawab tambahan sebagai raja,” imbuh Putri Anne.

“Untuk Ibuku, sang Ratu, terima kasih,” tutupnya. 

|Baca Juga: Potret Emosional Putri Anne Antar Jenazah Ratu Elizabeth

Putri Anne sejauh ini mengikuti semua rangkaian prosesi kematian Ratu Elizabeth II. Ia mengantar peti jenazah Ratu dengan 6 jam perjalanan darat menuju Istana Holyroodhouse, Skotlandia, pada Senin (12/9) lalu. Sehari kemudian, ia bersama ketiga saudaranya melakukan prosesi penghormatan kepada sang Ratu di Katedral St. Giles, Edinburgh. 

Foto: Dok. AFP

Terakhir, istri dari Timothy Laurence itu juga berada di samping Ratu saat peti mati diterbangkan ke London pada Selasa (13/9) waktu setempat. Dalam minggu ini, Putri Anne dan anggota kerajaan lainnya akan mengikuti serangkaian prosesi penghormatan lainnya di Inggris. *mir/ika 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here