Prosesi Pemakaman Ratu Elizabeth II di Kapel St. George

Foto: Dok. Getty

Mendiang Ratu Elizabeth II akhirnya mengakhiri perjalanannya di Kapel St. George, Kastil Windsor, pada Senin (19/9) lalu. Peti Ratu dipindahkan dari Westminster Abbey ke tempat peristirahatan terakhirnya dengan menggunakan mobil yang dijaga ketat.

Sekitar 800 pelayat, termasuk keluarga kerajaan, mengikuti upacara penurunan peti Ratu di kapel tersebut. Terlihat Pangeran Harry dan Meghan Markle duduk di samping Putri Charlotte, anak kedua dari Pangeran William dan Kate yang turut membawa Pangeran George.

Foto: Dok. PA

|Baca Juga: Detik-Detik Pemakaman Ratu Elizabeth II di Westminster Abbey

Foto: Dok. PA/The Sun
Foto: Dok. Reuters

Peti Ratu diturunkan ke Royal Vault di Kapel St. George. Royal Vault sendiri adalah sebuah ruang bawah tanah di mana para raja dan ratu kerajaan Inggris dimakamkan. Namun, mendiang Ratu Elizabeth II beserta peti Pangeran Philip akan dipindahkan dan disemayamkan di Kapel Peringatan Raja George VI di hari yang sama.

Sebelum diturunkan, Raja Charles III meletakkan bendera resimen Ratu di atas peti. Diikuti dengan Lord Chamberlain yang merusak tongkat kerjanya, bermakna bahwa pelayanannya kepada Ratu telah selesai. 

Foto: Dok. PA

Lagu-lagu rohani dinyanyikan oleh pelayat saat mahkota, bola, dan tongkat kerajaan dipindahkan dari peti Ratu ke altar kapel. Prosesi itu diiringi oleh alunan indah alat musik Skotlandia, bagpipes, yang juga berkumandang saat penurunan peti tersebut. 

Lagu kebangsaan Inggris “God Save the King” dinyanyikan oleh para anggota kerajaan dan tamu yang hadir setelah peti diturunkan ke Royal Vault. Raja Charles III beserta anggota kerajaan lain tampak emosional di sepanjang upacara pengabdian terakhir untuk sang Ratu. 

Prosesi di kapel St. George itu menjadi momen terakhir publik dapat melihat peti Ratu yang meninggal pada Kamis (8/9) lalu. Jadi tak heran ribuan orang rela berdiri di tepi jalan untuk mengantar Yang Mulia di peristirahatan terakhirnya.

Foto: Dok. Reuters

|Baca Juga: Potret 8 Cucu Ratu Elizabeth II Saat Lakukan Tradisi Penjagaan Peti Jenazah

Sebelumnya, peti jenazah diletakkan di Westminster Abbey pada Senin (19/9) untuk dilaksanakannya upacara pemakaman kenegaraan. Prosesi tersebut dihadiri oleh tamu undangan dari berbagai dunia, termasuk Presiden Amerika Serikat Joe Biden beserta istrinya.

Peti Ratu juga sempat disemayamkan selama empat hari di Westminster Hall, di mana orang-orang dapat memberikan penghormatan terakhirnya kepada Ratu Elizabeth II. *mir/ika

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here