Pangeran Harry Akhirnya Diizinkan Berseragam Militer Saat Prosesi Pemakaman Ratu Elizabeth

Foto: Dok. The Sun

Beberapa hari lalu muncul pemberitaan bahwa Pangeran Harry dilarang untuk mengenakan seragam militer. Hal tersebut telah terlihat saat ia hanya mengenakan setelan jas formal untuk mengantar peti Ratu ke Westminster Hall pada Rabu (14/9) lalu. 

Namun, pemberitaan terbaru mengatakan bahwa The Duke of Sussex itu dapat mengenakan seragamnya saat mengikuti prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II di Westminster Hall. 

Hal tersebut dinyatakan oleh sumber orang dalam kerajaan. Sumber itu mengungkap bahwa Raja Charles III telah memperbolehkan Harry untuk mengenakan seragamnya sebagai bentuk penghormatan kepada sang Ratu. 

“Raja mengundang cucu-cucu Ratu untuk melakukan ‘penjagaan’ dan Harry dapat mengenakan seragamnya,” ungkapnya, dilansir dari The Sun

|Baca Juga: Pangeran Harry Dilarang Pakai Seragam Militer di Pemakaman Ratu Elizabeth

Keluarga kerajaan saat mengantar peti mati Ratu Elizabeth II ke Westminster Hall. Foto: Dok. Getty

Selain itu, Omid Scobie yang merupakan seorang jurnalis kerajaan juga mengonfirmasi adanya perubahan tersebut. Ia menambahkan bahwa Pangeran Harry dapat mengenakan seragamnya saat melakukan tradisi ‘Vigil the Princes’ bersama ketujuh cucu Ratu lainnya pada Sabtu (17/9) nanti.  

“UPDATE: Perubahan dramatis, pihak istana telah menginformasikan bahwa Pangeran Harry DAPAT mengenakan seragam militernya di ‘penjagaan’ terakhir. Di Sabtu sore nanti, Harry akan mengikuti tujuh cucu Ratu lainnya untuk diam berdiri selama 15 menit di sekitar peti mati Ratu di Westminster Hall,” tulis Omid di Twitter pada (16/9) lalu. 

Suami Meghan Markle tersebut memang rencananya akan mengikuti tradisi kerajaan itu. Harry akan melakukan ‘penjagaan’ terhadap peti Ratu Elizabeth II dengan Pangeran William, Putri Beatrice dan Eugenie, Zara Tindall dan Peter Phillips, serta Lady Louise Windsor dan James, Viscount Severn. 

Pangeran Harry hanya mengenakan setelan jas biasa. Foto: Dok. Getty

Ayahnya, Raja Charles III, beserta Putri Anne, Pangeran Andrew, dan Pangeran Edward akan mengulangi ‘penjagaan’ tersebut di Westminster Hall pada Jumat (16/9) malam hari waktu setempat. Sebelumnya, mereka telah melakukan ‘Vigil the Princes’ saat Ratu disemayamkan di Katedral St. Giles pada Selasa (13/9) lalu di Edinburgh, Skotlandia. 

|Baca Juga: Harry-Meghan Marah Archie dan Lilibet Tak Dapat Gelar Kebangsawanan

Sebelum adanya perubahan ini, pihak dari Pangeran Harry memang telah membenarkan bahwa ayah dari Archie itu hanya akan mengenakan setelan jas formal selama acara berlangsung. Padahal pamannya, Pangeran Andrew, mendapatkan perlakuan khusus walau ia juga bukan pekerja kerajaan aktif. 

“Perubahan ini–yang diberitakan pertama oleh The Mirror–mengikuti pernyataan Harry bahwa ‘dinas militernya tidak ditentukan dari seragam yang ia kenakan’, tetapi hal itu dapat dipahami bahwa Istana menyerah pada sentimen publik setelah ribuan orang mengeluh tentang keputusan mereka yang melarang Harry, bukan Pangeran Andrew,” lanjut Omid. 

Walau begitu, belum ada konfirmasi lanjut apakah Pangeran Harry juga diperbolehkan menggunakan atribut militernya saat pemakaman Ratu Elizabeth II pada Senin (19/9) nanti. *mir/ika

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here