Pangeran Harry Dilarang Pakai Seragam Militer di Pemakaman Ratu Elizabeth

Foto: Dok. AFP/Daniel Leal

Pangeran Harry tidak akan mengenakan seragam militer selama prosesi pemakaman sang nenek, Ratu Elizabeth II. Perwakilan dari suami Meghan Markle itu telah memberi pernyataan terhadap pemberitaan tersebut. 

“Pangeran Harry akan mengenakan morning suit (setelan formal,red) selama acara penghormatan neneknya,” konfirmasi pihak Harry. 

|Baca Juga: Gelar Anak Harry dan Meghan Markle Masih Membingungkan

Mereka menjelaskan bahwa dedikasi Harry terhadap pelayanan militer tidak ditentukan dari seragam yang ia kenakan. Mereka meminta publik agar lebih fokus mengenang jasa-jasa Ratu Elizabeth II yang telah memimpin selama 70 tahun. 

“Pelayanan militernya selama 10 tahun tidak ditentukan dari seragam yang ia kenakan dan dengan hormat kami meminta kalian untuk tetap fokus terhadap hidup dan peninggalan Yang Mulia Ratu Elizabeth II,” lanjutnya. 

Sebelumnya, teman dekat Meghan Markle yang juga berprofesi sebagai jurnalis kerajaan, Omid Scobie, turut mengonfirmasi adanya pemberitaan tentang Pangeran Harry yang dilarang mengenakan seragam militer. 

“Aku tahu bahwa, tidak seperti Pangeran Andrew, Pangeran Harry TIDAK akan diperbolehkan untuk memakai seragam (militer) di ‘penjagaan’ terakhir di Westminster Hall. Tidak heran ini menjadi pukulan yang besar bagi Duke of Sussex yang telah mengabdi selama 10 tahun dan menjadi ‘panglima’ bagi Ratu,” tulisnya di Twitter pada Senin (12/9) lalu. 

Tangkapan layar dari cuitan @scobie

Peraturan kerajaan memang telah mengatur tentang aturan pemakaian seragam militer. Bagi setiap anggota yang sudah tidak aktif bekerja untuk kerajaan, mereka tidak boleh mengenakan atribut tersebut. 

Berkaitan dengan peraturan itu, Pangeran Harry tentu saja tidak diperbolehkan karena telah keluar dari kerajaan dari tahun 2020 bersama istrinya. Itu tandanya, secara otomatis ia telah kehilangan gelar dan karir militernya. 

|Baca Juga: Pangeran Harry Jenguk Ratu Elizabeth II Tanpa Meghan Markle

Hal tersebut juga berlaku pada paman Harry, Pangeran Andrew. Anak ketiga dari Ratu Elizabeth II itu juga tidak bekerja untuk kerajaan lagi. Ia terlihat hanya mengenakan setelan formal atau morning suit saat mengikuti prosesi penghormatan di Katedral St. Giles, Skotlandia, Selasa (13/9) lalu. 

Pangeran Andrew tidak mengenakan seragam militer saat upacara penghormatan di Katedral St. Giles. Foto: Dok. Reuters

Namun, Pangeran Andrew akan diberi hak istimewa saat prosesi ‘Vigil of The Princes’ di Westminster Hall minggu ini. Dilansir dari The Sun dan jurnalis kerajaan Omid, pangeran 62 tahun itu akan mengenakan seragam militer sebagai bentuk ‘penghormatan khusus’ kepada sang Ratu.  *mir/ika 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here