Pangeran Andrew Muncul dengan Seragam Militer Saat Jaga Peti Jenazah Ratu Elizabeth

Foto: Dok. Sky News

Pangeran Andrew mengenakan seragam militernya saat melakukan tradisi penjagaan peti Ratu pada Jumat (16/9) lalu di Westminster Hall. Sebelumnya, ia hanya mengenakan setelan jas formal selama prosesi penghormatan Ratu Elizabeth II di Edinburgh, Selasa (13/9) lalu. 

The Duke of York itu melakukan tradisi ‘Vigil of the Princes’ bersama ketiga saudaranya yakni Raja Charles III, Putri Anne, dan Pangeran Edward. Mereka menundukkan kepala dan mengheningkan cipta selama 15 menit di sudut-sudut peti jenazah Ratu. 

Foto: Dok. AFP

|Baca Juga: Upacara Penghormatan Terakhir untuk Ratu Elizabeth II di Katedral St. Giles

Pangeran Andrew memang bukanlah pekerja aktif lagi setelah gelar militernya dicabut oleh mendiang Ratu Elizabeth II di awal tahun 2022 ini. Ia juga melepaskan gelar Yang Mulia (HRH)-nya. 

Ayah dari Putri Beatrice itu beberapa kali tersandung kontroversi. Andrew diisukan melakukan pelecehan seksual terhadap Virginia Roberts Giuffre saat wanita itu masih berusia 17 tahun. Kasus ini juga masih berkaitan dengan kasus terdakwa pedofil Jeffrey Epstein. 

Walau hingga sekarang ia menolak tuduhan tersebut, Pangeran Andrew setuju untuk membayar Rp232 milyar untuk menyelesaikan gugatan. Menurut pihaknya, uang tersebut disumbangkan ke dalam lembaga milik Virginia untuk membantu penyintas lainnya. Andrew juga menyesali hubungan pertemanannya dengan terdakwa Jeffrey. 

Anak ketiga dari Ratu Elizabeth II itu diberikan hak istimewa untuk mengenakan atribut militernya dalam rangka penghormatan terakhir untuk mendiang Ibunya. 

Foto: Dok. Sky News

|Baca Juga: Pangeran Harry Akhirnya Diizinkan Berseragam Militer Saat Prosesi Pemakaman Ratu Elizabeth

Keponakannya, Pangeran Harry, juga mendapatkan lampu hijau dari Raja Charles III. Diketahui Duke of Sussex itu kehilangan gelar kerajaan dan militer karena memutuskan keluar dari kerajaan bersama Meghan Markle. Jadi, kemungkinan Harry akan mengenakan seragam militernya untuk melakukan tradisi ‘penjagaan’ pada Sabtu (17/9) nanti. 

Selanjutnya, Pangeran Andrew dan anggota kerajaan lainnya akan mengikuti prosesi pemakaman kenegaraan mendiang Ratu Elizabeth II di Westminster Abbey Senin (19/9) depan. Di hari yang sama, peti Ratu akan dimakamkan di Kapel St. George, Kastil Windsor. *mir/ika

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here