Makna Mahkota Skotlandia yang Ada di Atas Peti Jenazah Ratu Elizabeth II

Foto: Dok. Jane Barlow/ Pool/AFP/People

Peti jenazah Ratu Elizabeth II ditempatkan di Katedral St. Giles, Skotlandia, sejak Senin (12/9) hingga Selasa (13/9) pagi waktu setempat. Dalam momen tersebut, terlihat sebuah mahkota diletakkan di atas peti mati Ratu yang diselimuti dengan kain Royal Standard of Scotland itu. Tak lupa ada untaian bunga yang menghiasi rumah terakhir Yang Mulia menjadi lebih indah. 

Dalam prosesi di katedral tersebut, Alexander Douglas-Hamilton lah yang berperan untuk meletakkan mahkota itu di atas peti jenazah Ratu Elizabeth II. Lantas apa makna mahkota yang diletakkan oleh Duke of Hamilton ke-16 itu? 

|Baca Juga: Musim Panas Terakhir Ratu Elizabeth yang Penuh Kebahagiaan

Foto: Dok. Aaron Chown/PA

Faktanya, mahkota tersebut merupakan mahkota Skotlandia yang merepresentasikan negara di mana ia menghembuskan nafas terakhirnya. Perhiasan itu akan terus diletakkan di atas peti selama prosesi di Katedral di St. Giles. 

Mahkota dengan nuansa merah itu telah dikenakan oleh beberapa Raja dan Ratu Skotlandia, seperti Ratu Mary (1543), Raja James I dan VI (1567), Raja Charles I (1633), dan Raja Charles III (1651). Maka dari itu, menurut The Court Jeweller, mahkota tersebut merupakan perhiasan yang paling tua di Britania Raya. 

Bentuk dari mahkota itu masih sama dengan versi 1540, tahun di mana Raja James V meminta perhiasan itu untuk dimodel ulang oleh ahli emas kerajaan, John Mosman. 

Terdapat empat lengkung emas yang bersatu membentuk bulatan. Ditambah dengan emas, mutiara, batu akik, dan permata yang membuat mahkota tersebut makin cantik. Di atasnya terdapat salib yang dilapisi emas dan enamel. 

 |Baca Juga: Potret Emosional Putri Anne Antar Jenazah Ratu Elizabeth

Benda ini sempat hilang dari peredaran di tahun 1707 ketika ada Act of Union yang menyatukan Skotlandia dan Inggris. Satu abad Kemudian, mahkota itu ditemukan di Kastil Edinburgh pada tahun 1818. Sejak saat itu, mahkota yang juga disebut dengan Scottish Crown Jewels kembali dipamerkan di kastil, tepatnya di ruang mahkota, dan sesekali dipakai saat acara penting kerajaan. 

Setelah upacara penghormatan di Katedral St. Giles, peti mati jenazah Ratu Elizabeth II akan dibawa kembali ke Istana Buckingham, London. Prosesi selanjutnya akan bertempat di Westminster Hall pada Rabu (14/9) hingga Senin (19/9) pagi sebelum diadakannya upacara pemakaman kenegaraan di Westminster Abbey di hari yang sama. *mir/ika

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here