Ternyata Ratu Elizabeth II Punya Kode Rahasia untuk Pengawalnya

Foto: Dok. Getty Images

Semasa hidupnya, selama Ratu Elizabeth II bertakhta, ia ternyata mempunyai kode rahasia untuk pengawalnya setiap menghadiri acara kerajaan. Kode tersebut digunakan untuk memberi tahu hal apa yang akan ia lakukan.

Seperti kode yang berkaitan dengan lipstik. Ian Scott Hunter, seorang mantan staf yang telah bekerja bersama Ratu selama 8 tahun mengungkap kode unik ini. 

|Baca Juga: Kesetiaan Anjing dan Kuda Kesayangan Ratu Elizabeth II yang Hadir di Prosesi Pemakaman

Saat menghadiri kunjungan, Ratu Elizabeth II terkadang mengaplikasikan lipstik berwarna cerah di publik. Ian yakin bahwa sebenarnya wanita kerajaan tidak diperbolehkan untuk berdandan di publik. Namun, apa yang dilakukan Ratu adalah sebuah pengecualian. 

“Aku yakin ada etika bahwa wanita kerajaan tidak boleh berdandan di publik,” ujarnya di acara Antiques Roadshow episode khusus Ratu Elizabeth II. 

Ia pun menjelaskan apa makna dari lipstik itu, “Ratu akan mengeluarkan lipstiknya dan memoleskan ke bibirnya tanpa kaca atau apapun. Itu adalah kode yang untuk pengawal wanita bahwa dia sudah siap untuk pergi.” 

“Tentu saja, mereka telah siap ketika Yang Mulia berdiri,” lanjutnya. 

Foto: Dok. Getty

Selain itu, ada beberapa kode lain untuk pengawalnya. Seperti, Ratu akan memindahkan tasnya yang awalnya berada di sisi kiri menjadi di sisi kanan. Pemindahan tas itu mempunyai makna bahwa ia ingin stafnya untuk menginterupsi dan mengakhiri pembicaraannya dengan orang lain. 

Masih berkaitan dengan tas, Ratu juga beberapa kali terlihat meletakkan tasnya di atas meja saat kunjungan. Menurut sejarawan kerajaan Hugo Vickers, hal itu bermakna Ratu Elizabeth II memberikan peringatan selama 5 menit bahwa ia akan keluar. 

|Baca Juga: Potret Terakhir Ratu Elizabeth II yang Pakai Bros Pemberian Raja George VI

Seorang pengamat kerajaan, Kristen Meinzer, juga membocorkan sinyal rahasia tentang tas kecil yang dibawa Ratu. Ia menyebutkan ketika Ratu meletakkan tasnya di lantai mempunyai arti yang baru. 

“Jika kamu bersama Ratu dan dia memindahkan tasnya, tidak ke tangan lain ataupun meja, tetapi diletakkan di lantai, artinya selesai. Perbincangan berakhir dan seseorang akan datang untuk menyelamatkan Ratu,” ujar Meinzer dalam siniar The Royal Report. *mir/ika 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here