Khasiat Menakjubkan Mandi dengan Rebusan Batang Serei

Foto: Dok. SajianSedap

Kita ketahui bahwa batang serei sering kali digunakan sebagai bahan pelengkap saat memasak. Namun, faktanya tumbuhan yang mirip rumput itu ternyata memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Tak khayal sejak dulu banyak orang yang mengolah tanaman satu ini sebagai obat herbal.

Salah satu olahannya yang terkenal adalah air rebusan serai, baik dikonsumsi airnya ataupun digunakan untuk mandi.

Sebelum mengenal lebih jauh khasiat batang serei untuk mandi, marilah kita mengetahui terlebih dahulu kandungan apa saja yang terkandung didalamnya.

Kandungan Nutrisi Batang Serei

Tanaman serai juga mengandung banyak kandungan kimia, seperti sitronelal, sitronelol, geraniol, terpinol, borneol, geranil asetat, dan lain sebagainya. Kemudian serai dapur diketahui memiliki kandungan fitokimia, yakni tanin, flavonoid, fenol, dan minyak esensial. Salah satu kandungan nutrisi dalam batang serei ialah

Sitronelol merupakan salah satu pewangi yang paling penting yang banyak digunakan dalam parfum, kosmetik, dan sabun mandi. Sitronelol berupa cairan tak berwarna yang memiliki bau seperti bunga mawar (Singh dkk., 2011)

Selain itu serai mengandung senyawa anti peradangan asam klorogenik, isoorientin, dan swertiajaponin. Tak hanya itu serai juga mengandung berbagai zat seperti magnesium, potasium, fosfor, hingga antioksidan. Itulah mengapa daun serai dapat mengatasi dan mencegah berbagai gangguan kesehatan.

|Baca Juga: Hati-Hati! Ini Jenis Frozen Food yang Perlu Dihindari Menurut Ahli Gizi

Foto: Dok. SajianSedap

Dikutip dari berbagai sumber, berikut deretan manfaat mandi dengan menggunakan air rebusan batang serai.

1. Meredakan Nyeri Otot

Jika kamu kerap mengalami masalah nyeri otot, nampaknya kamu bisa mencoba untuk mandi menggunakan air rebusan serai. Caranya cukup rebus dua batang serai yang dimemarkan terlebih dahulu kemudian ditambahkan dengan 4 liter air hangat.

2. Mencerahkan dan Melembabkan Kulit

Mandi menggunakan air rebusan serai bisa membuat kulit menjadi lebih cerah dan lembut. Hal ini disebabkan oleh kandungan antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan kulit.

|Baca Juga: Pil KB Pria Mulai Diujicobakan ke Manusia

3. Membersihkan Kotoran pada Tubuh

Kandungan pada serai nyatanya bisa merontokkan kotoran dan membasmi kuman pada tubuh. Itu mengapa tubuh akan lebih bersih jika kamu mandi menggunakan air rebusan serai.

Jadi tidak perlu diragukan lagi, berbagai manfaat bisa kamu dapatkan hanya dari batang serai saja. Batang serai menjadi solusi yang tepat untuk memanjakan tubuhmu setelah menjalani rutinitas yang padat seharian. *riv/ika

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here