Harry-Meghan Marah Archie dan Lilibet Tak Dapat Gelar Kebangsawanan

Foto: Dok. GettyImages

Anak-anak dari Pangeran Harry dan Meghan Markle diputuskan tidak akan mendapatkan gelar HRH (His/Her Royal Highness) oleh Raja Charles III. Mereka hanya akan menjadi pangeran dan putri saja.

Archie dan Lilibet diharapkan secara resmi akan diangkat menjadi pangeran dan putri dalam waktu dekat, mengingat Raja Charles juga telah setuju mengeluarkan surat resmi untuk memberikan gelar tersebut.

Tetapi setelah melalui banyak pertimbangan dan perdebatan, alhasil Harry dan Meghan harus menerima bahwa anak mereka tidak akan mendapatkan gelar HRH.

Duke dan Duchess of Sussex telah setuju untuk tidak mendapatkan gelar HRH pada diri mereka sendiri. Tetapi setelah gelar itu dicabut dan memilih pindah ke California, mereka kemudian mengeluh bahwa keputusan itu membuat mereka tak mendapatkan fasilitas keamanan yang memadai.

|Baca Juga: Gelar Anak Harry dan Meghan Markle Masih Membingungkan

Foto: Dok. Dailymail

Bahkan Harry dan Meghan membandingkan kedua anaknya dengan anak Pangeran Andrew, Putri Beatrice dan Eugenie, yang memiliki gelar HRH meskipun mereka bukan bangsawan yang bekerja untuk kerajaan.

“Harry dan Meghan khawatir tentang masalah keamanan saat anaknya menjadi pangeran dan putri, menurutnya mereka memiliki hak untuk mendapatkan tingkat keamanan seorang anggota kerajaan,” ungkap seorang sumber kepada The Sun.

“Ada banyak pembicaraan selama seminggu terakhir. Mereka bersikeras bahwa Archie dan Lilibet adalah pangeran dan putri,” imbuhnya.

|Baca Juga: Kembali Bersatu, Hubungan William-Kate dan Harry-Meghan Ternyata Masih Dingin

Bahkan sumber itu mengaku bahwa pasangan Sussex sangat marah karena anak mereka tidak bisa mendapatkan gelar HRH.

“Itulah kesepakatannya, mereka bisa menjadi pangeran dan putri tetapi bukan HRH karena mereka bukan bangsawan yang bekerja,” lanjutnya.

Meghan sempat mengklaim bahwa gelar HRH tidak bisa diberikan ke Archie karena lahir dari ras yang berbeda. Namun, bila ditilik dari peraturan Raja George V tahun 1917, aturan itu membatasi bahwa tidak semua bangsawan akan mendapatkan gelar HRH.

Ketika Archie lahir, ia berada di urutan ke tujuh dalam garis takhta. Bisa dikatakan bahwa anak Harry dan Meghan terlalu jauh dari garis suksesi yang berhak mendapatkan gelar HRH.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here