Akhirnya Pangeran Charles Jadi Raja. Ini Gelarnya!

pangeran charles
pangeran Charles (Foto. ist)

Wafatnya Ratu Elizabeth II juga membuat tahta kerajaan Inggris langsung dipegang oleh penerusnya, Pangeran Charles. Mantan suami Putri Diana ini akan secara resmi diangkat sebagai Raja oleh Dewan Penobatan di Istana St James’s, London di hari yang sama. Charles akan memimpin dengan gelar baru Raja Charles III.

Dikutip dari BBC, Pangeran Charles sebenarnya boleh memilih sebutan dari empat namanya, Charles Philip Arthur George. Namun pada akhirnya, nama yang terpilih adalah Raja Charles III. Sedangkan istrinya, Camilla, akan bergelar permaisuri atau Queen Consort.

pangeran charles
pangeran charles dan camilla saat menikah dan dihadiri keluarga kerajaan (Foto. ist)

Meninggalnya Ratu Elizabeth II pada Kamis (8/9) pukul 18.30 waktu setempat, juga menjadi duka mendalam bagi keluarga kerajaan Inggris. Pangeran Charles bahkan secara khusus mengungkapkan kesedihannya.

“Kematian ibuku tercinta, Yang Mulia Ratu, adalah momen kesedihan terbesar bagi saya dan semua anggota keluarga. Kami sangat berduka atas meninggalnya seorang penguasa yang disayangi dan seorang ibu yang sangat dicintai, katanya seperti yang dikutip dari Twitter Royal Family, Jumat (9/9).

|Baca Juga: Pangeran Charles Akhirnya Ungkap Camila Sebagai Permaisuri

pangeran charles
Pangeran Charles saat mendapat gelar Prince of Wales (Foto. ist)

|Baca Juga: Meghan Markle Blak-Blakan Soal Hubungan Pangeran Harry dan Pangeran Charles

Pastinya tak hanya keluarga kerajaan yang bersedih atas kematian Ratu Elizabeth. Namun juga warga Inggris termasuk negara-negara persemakmurannya ikut berkabung. Ini terlihat dari suasana istana Buckingham yang dikunjungi jutaan manusia.

Mereka berkumpul di depan gerbang istana untuk berkabung. Kematian Ratu Elizabeth juga ditandai dengan bendera Inggris yang berada di Istana Buckingham diturunkan menjadi setengah tiang.

Elizabeth diketahui naik tahta di usia yang sangat muda, 25 tahun. Dia menjadi ratu setelah ayahnya, Raja George VI, wafat pada 6 Februari 1952 lalu. Dibanding para pendahulunya, Elizabeth juga menjadi menjadi Ratu Inggris yang paling lama. Dia meninggal di usia 96, empat bulan setelah jubilee, atau perayaan 70 tahun dia bertahta. *amy

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here