6 Cara Agar Kulit Kusam Berubah Glowing

dr. Megawati dan Amelia Salim di Women's Week 2022. Foto: Dok. Silvia Andaresta

Pernah gak sih merasa minder karena kulit wajah yang kusam? Iya, wajah yang kusam memang terkadang bikin kepercayaan diri menurun. Perlu adanya perawatan rutin untuk membuat kulit kembali cerah. 

Kali ini, seorang dokter spesialis kecantikan membeberkan tips mengatasi kulit wajah kusam. Ditemui saat talkshow “The Importance of Healthy Skin Awareness” yang merupakan rangkaian acara Women’s Week 2022 pada Kamis (29/9) lalu, dr. Megawati menjelaskan secara rinci bagaimana membuat kulit menjadi cerah. 

|Baca Juga: Waspadai 7 Tanda Penuaan Dini. Cek Kulitmu Sekarang!

Yuk, ikuti 6 tips mengatasi kulit wajah kusam ala dr.Megawati di bawah ini!

1. Pentingnya Eksfoliasi 

Salah satu penyebab wajah kusam ialah adanya penumpukan sel kulit mati. Maka dari itu, penting untuk melakukan eksfoliasi atau pengangkatan sel kulit mati. Kamu bisa melakukannya sendiri di rumah atau melakukan perawatan di klinik kecantikan.

2. Gunakan Sunscreen 

Sunscreen is a must! Tabir surya itu penting sekali untuk kulit. Perlu diketahui juga, dr. Mega merekomendasikan untuk menggunakan tabir surya dengan minimal SPF 30. Setelah itu, jangan lupa untuk memoleskan sunscreen kembali setiap tiga jam sekali ya. 

3. Hindari Asap Rokok 

Selanjutnya, hindari asap rokok untuk mengatasi wajah kusam. Mengapa? Ternyata, asap rokok mengandung zat yang berbahaya bagi kulit. Zat berbahaya itu akan mengganggu sirkulasi darah di kulit dan mengurangi produksi kolagen. 

4. Kelola Stress dengan Baik 

Stress memang bisa berdampak pada tubuh. Salah satunya adalah tubuh akan mengeluarkan hormon yang menyebabkan kulit kusam. Yuk, belajar mengelola stress agar kulit makin sehat dan glowing

5. Jangan begadang 

Begadang juga bisa menyebabkan wajah kulit menjadi kusam. Oleh karena itu, pastikan kamu tidur yang cukup yakni 7-9 jam sehari. Kurangnya jam tidur dapat menghambat regenerasi sel-sel kulit dan produksi kolagen. 

|Baca Juga: Ritual Sebelum Tidur Ini Bisa Bikin Kulitmu Bebas Keriput. Cobain Deh!

6. Makan sehat dan olahraga teratur 

Mengonsumsi buah dan sayur juga bermanfaat untuk mengatasi kulit kusam. Gak hanya itu saja, kamu juga harus sisihkan waktu untuk berolahraga agar badan dan kulit lebih sehat. Hayo, sudah olahraga belum hari ini? 

Itu dia enam tips untuk mengatasi kulit kusam. Perawatan wajah kusam gak hanya dilakukan di klinik kecantikan saja ya, namun juga bisa dari pola hidup sehari-hari. *mir/ika

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here