Fantastis! Segini Warisan yang Dititahkan Ratu Elizabeth untuk Raja Charles

Mendiang Ratu Elizabeth II dan Raja Charles III di balkon Istana Buckingham | Foto: Dok. Daniel Leal/AFP/Getty.

Raja Charles III tak hanya mewarisi takhta dan tanggung jawab setelah kepergian ibunya, Ratu Elizabeth II, pada Kamis (8/9) lalu. Tetapi juga kekayaan pribadinya yang dilaporkan memiliki nilai yang sangat fantastis! Ternyata segini warisan Ratu Elizabeth II untuk Raja Charles.

Aset Kerajaan

Menurut Sunday Times Rich List 2022, Ratu Elizabeth II memiliki kekayaan pribadi sejumlah £370 juta atau setara dengan Rp 6,2 triliun. Angka ini naik 15 juta pound dari penghasilannya pada tahun 2020, termasuk pendapatan hibah (Sovereign Grant) dan penghasilan pribadinya.

Aset pribadi sang Ratu berasal dari kepemilikannya atas seni, perhiasan, investasi, dan real estat, yang mencakup Kastil Balmoral di Skotlandia – tempat dia meninggal pada hari Kamis – serta Rumah Sandringham di Inggris.

Baca Juga Peti Jenazah Ratu Elizabeth II Akhirnya Tiba di Istana Buckingham

Sebagian besar kekayaan pribadi Ratu dilaporkan akan diberikan kepada Raja Charles secara utuh.

Mulai dari perhiasan The Crown Jewels yang diperkirakan bernilai setidaknya £3 miliar atau setara Rp51 triliun, koleksi seni, tempat tinggal kerajaan, hingga The Crown Estate.

Mendiang Ratu Elizabeth II dan Raja Charles III di acara tahunan, Braemar, Skotlandia, pada September 2017 | Foto: Dok. Andy Buchanan/AFP.

The Crown Estate

Menyandang gelar sebagai penguasa Inggris baru, Raja Charles III juga akan menjadi ahli waris yang sah dari The Crown Estate, koleksi tanah dan perkebunan kerajaan senilai 16,5 miliar poundsterling ($19,2 miliar).

Perlu diketahui, koleksi tanah dan perkebunan Monarki Inggris ini bukan milik pribadi sang Raja.

Faktanya, The Crown Estate dijalankan oleh dewan publik semi-independen. Sehingga, Raja Charles III tidak bisa menjualnya.

Sementara Raja Charles dilarang menjual aset untuk keuntungannya sendiri, keluarga kerajaan mendapat keuntungan finansial dari kepemilikan Crown Estate.

Menurut situs web keluarga kerajaan, mereka berhak atas “Hibah Berdaulat,” yang akan setara dengan setidaknya 15% dari keuntungan Crown Estate.

Dlam beberapa tahun terakhir, Crown Estate menghasilkan keuntungan sebesar $311 juta (Rp 4,63 triliun), di mana keluarga kerajaan menerima sekitar $47 juta (Rp 700 miliar).

Baca Juga Pesan Menyentuh Raja Charles III untuk Mendiang Ratu Elizabeth II

Meski telah kantongi harta warisan yang nilainya fantastis, sang Raja ternyata dibebaskan dari pajak warisan sesuai kesepakatan yang dibuat pada tahun 1993 oleh Sir John Major sebagai perdana menteri saat itu.

Pajak warisan di Inggris dibebankan sebesar 40% dari total warisannya jika jumlahnya lebih dari £325 ribu (Rp 4,8 miliar). *bri/ika.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here