Jurus Jitu Shanna Shannon Rayu Generasi Muda Agar Cinta Lagu Nasional

shanna-shannon-lagu-kebangsaan-nasional
Foto: Istimewa

Shanna Shannon mengaku bangga saat dilibatkan di acara Bedah Musik Kebangsaan yang digelar Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), belum lama ini. Menurutnya acara ini merupakan wadah bagi anak muda untuk mengekspresikan musik yang bertema nasionalis, juga mengingatkan rasa cinta mereka untu mencintai Indonesia.

“Aku bangga diajak di acara ini. Acara yang menurut aku sangat berguna untuk memupuk dan mengingatkan kembali untuk tetap dan terus mencintai negeri ini. Apalagi kita anak muda, penerus bangsa,” kata penyanyi berusia 15 tahun ini.

Dalam acara tersebut panitia membebaskan Shanna Shannon untuk memilih lagu nasional yang ia sukai. Tanpa pikir panjang, penyanyi muda yang gemar berkegiatan sosial ini langsung memilih lagu Rayuan Pulau Kelapa. Lagu karya Ismail Marzuki tersebut memiliki makna cukup dalam buatnya.

“Lagu itu merupakan salah satu lagu terbaik karya Marzuki. Tentang betapa indahnya negeri ini. Aku pilih lagu itu karena aku pernah membawakan dan merilisnya di YouTube aku dua tahun lalu. Dan sempat trending kala itu,” terangnya.

Shanna Shannon lagu nasional kebangsaan (1)
Shanna Shannon. Foto: Istimewa

Baca juga: Shanna Shannon Rilis Lagu Baru Ciptaan Melly Goeslaw 

Ia sengaja membawakan dengan aransemen yang berbeda dari versi yang diunggah di YouTube-nya. Alasannya dengan irama up beat saat perform diharapkan dapat membangkitkan semangat anak muda.

“Lagu nasional kalau di aransemen kekinian juga keren kok. Aransemen bisa beda-beda. Itulah hebatnya lagu ini. Di aransemen apapun selalu bagus,” pujinya.

Shanna Shanoon memang bukan penyanyi sembarangan. Memiliki paras cantik dan bersuara emas, gadis kelahiran Jakarta 4 April 2006 ini sempat viral lantaran menangis saat membawakan lagu Ku Lihat Ibu Pertiwi yang menjadi trending di dunia maya. Di samping penghayatannya yang mendalam, lagu yang dibawakannya seolah sangat pas dengan kondisi Indonesia saat ini.

Rasa nasionalis seorang Shanna Shannon seolah memang sudah mendarah daging. Berkat bakatnya dalam bernyanyi, Shanna Shannon sempat di dapuk sebagai penyanyi lagu Indonesia Raya pada gelaran acara Asian Para Games pada tahun 2018.

Shanna Shannon lagu nasional kebangsaan (2)
Acara Bedah Musik Kebangsaan yang digelar Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). Foto: Istimewa

Pada saat itu, dirinya baru menginjak usia 12 tahun. Masih sangat belia, Shanna sudah memiliki prestasi yang membanggakan.

Di tahun 2016 dirinya mengikuti audisi premiere di Marina Bay, Singapura dan menjadi perwakilan Asia di Disneyland Florida, Amerika Serikat untuk akting dan bernyanyi. Shanna Shannon diangkat menjadi Duta Lagu Kebangsaan Indonesia oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada tahun 2017.

Bungsu dari tiga bersadara ini dikenal setelah dirinya mencover lagu nasional berjudul Indonesia Pusaka di YouTube. Suaranya yang merdu saat menyanyikan lagu tersebut sukses bikin merinding para pendengarnya hingga lagunya sudah ditonton sebanyak 4,2 juta kali di YouTube.

“Aku merasa anak-anak sekarang sudah mulai lupa lagu nasional dan sudah banyak yang tak tahu. Dan saya mau ingatkan karena kita anak Indonesia kita harus bangga menjadi bangsa Indonesia. Jadi harus tahu lagu nasional,” tutup  Shanna Shannon (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here